5 Film Hollywood yang Syuting di Indonesia, Jadi Ajang Promosi Pariwisata Gengs

Film Hollywood ternyata pernah mengambil lokasi syuting di Indonesia. Wah bisa jadi ajang promosi tak langsung nih gengs.

Tidak selamanya film Hollywood melakukan syuting di Amerika Serikat. Beberapa film bahkan harus berpindah-pindah negara hanya untuk mendapatkan set lokasi syuting yang tepat. Indonesia termasuk negara yang pernah dikunjungi lho.

Indonesia akhir-akhir ini menjadi daya tarik tersendiri bagi tim produksi Hollywood. Contohnya film di bawah ini yang menggunakan sejumlah tempat di Indonesia sebagai lokasi pengambilan gambar mereka. Lumayan buat ajang promosi wisata gengs.

1. Kingkong (2005)

Film Kingkong (2005) garapan Peter Jackson bercerita tentang kehidupan seekor primata purba raksasa yang berteman dengan seorang manusia. Ternyata film Hollywood ini syuting di Indonesia, tepatnya di Pulau Mursala yang terletak di Tapanuli Selatan. Dalam ceritanya, Pulau Mursala disebut dengan Skull Island dan menjadi lokasi awal ditemukannya Kong.

Film Hollywood yang syuting di Indonesia (polygon.com)

2. Eat, Pray, Love (2010)

Eat, Pray, Love (2010) merupakan film drama garapan Ryan Murphy yang disadur dari buku dengan judul yang sama. Bercerita tentang seorang wanita bernama Elizabeth (Julia Roberts) yang memutuskan untuk keliling dunia untuk mengobati rasa patah hati atas kehilangan suami, rumah, dan karirnya. Ubud di Bali pun menjadi salah satu destinasi tujuan dari Elizabeth. Film ini menjadi box office dengan jumlah pendapatan hingga 204.6 juta USD.

Film Hollywood yang syuting di Indonesia (agoda.com)

3. The Philoshopers (2013)

Film Hollywood yang syuting di Indonesia selanjutnya adalah The Philosophers. Bahkan film ini syuting di sejumlah tempat antara lain Pulau Belitung (Sumatra), Candi Borobudur (Magelang), Candi Prambanan (Yogyakarta), Gunung Bromo (Jawa Timur) dan Jakarta. Sutradara film The Philosophers yakni John Huddles, juga melibatkan aktris Indonesia Cinta Laura untuk bergabung dengan 20 remaja dalam film ini.

Film Hollywood yang syuting di Indonesia (aceshowbiz.com)

4. Java Heat (2013)

Selain mengambil gambar di Yogyakarta, film besutan sutradara Conor Allyn ini juga melibatkan sejumlah aktor dan aktris asal Indonesia di dalamnya, seperti Atiqah Hasiholan, Ario Bayu, Tyo Pakusadewo, Rudy Wowor dan Rio Dewanto. Pemeran asal Indonesia ini bekerjasama dengan aktor Hollywood seperti Kellan Lutz dan Mickey Rourke dalam film Java Heat.

Film Hollywood yang syuting di Indonesia (microsoft.com)

5. Beyond Skyline (2017)

Candi Prambanan merupakan salah satu situs Warisan Dunia UNESCO yang dibangun oleh Wangsa Sanjaya dari Kerajaan Mataram Kuno. Dalam Film Beyond Skyline (2017), Candi Prambanan menjadi tempat pertarungan antara bangsa manusia dan alien. Film garapan Liam O’Donnell ini berkisah tentang seorang detektif yang berusaha menyelamatkan anaknya dari sekapan alien jahat yang menginvasi bumi.

Film Hollywood yang syuting di Indonesia (justwatch.com)