Naughty Dog menyatakan bahwa The Last of Us Part II akan menjadi salah satu gim yang paling mudah diakses dalam sebuah wawancara baru-baru ini dengan The Verge. Dan melalui unggahan blog terbaru mereka, menjadi jelas seberapa jauh studio bergerak untuk memastikan bahwa semua orang bisa bermain.
Pengembang telah merinci semua 60 dari pilihan menu opsi yang dapat kita ubah, dan beberapa di antaranya mungkin melampaui apa yang kita harapkan. Semisal ada opsi untuk orang dengan sedikit atau tanpa penglihatan atau pendengaran, seperti mode kontras tinggi atau isyarat audio dan getaran.
Opsi tersebut baru sedikit di antara banyak. Seperti kita juga dapat memetakan ulang hampir semua kontrol dan menurunkan efek gerakan. Namun, dalam beberapa hal, perubahan gameplay itu sendiri mungkin yang paling menonjol.
TLoU Part II tidak hanya memiliki beberapa tingkat kesulitan yang umum. Kalian dapat mengubah berbagai aspek permainan agar sesuai dengan kemampuan diri. Misalkan dengan menambahkan bantuan untuk navigasi, membatasi kemampuan musuh dan melompati puzzle.
Selain penyesuaian kesulitan secara menyeluruh, kalian juga dapat menyesuaikan tantangan untuk karakter, musuh, sekutu dan bahkan aspek seperti mengendap-endap atau mengumpulkan resource.
Mungkin juga tidak perlu mengacaukan segmen yang melampaui apa yang bisa ditangani oleh gaya bermain kalian. Mengingat hal tersebut akan mempengaruhi pengalaman bermain gim.
TLoU Part II jadi gim dengan aksesibilitas terluas (blog.playstation.com)
Untuk lebih memudahkan lagi, kalian juga dapat memilih preset aksesibilitas untuk keterampilan penglihatan, pendengaran dan motorik jika kalian tidak suka mengubah pengaturan satu per satu.
Meski begitu, tidak semua masalah dapat diselesaikan dengan tambahan opsi ini. Contohnya adalah kita tidak akan mendapatkan pengontrol yang lebih mudah diakses, ketika gim mulai dipasarkan pada 19 Juni nanti.
Namun, itu harus membuat TLoU Part II dapat dimainkan atau menjangkau gamers lebih luas lagi, semisal gamers lanjut usia dengan kemampuan motorik yang mulai berkuragn. Ini juga bisa berfungsi sebagai templat bagi pengembang lain yang bertanya-tanya bagaimana cara mengatasi aksesibilitas di gim mereka sendiri.
TLoU Part II jadi gim dengan aksesibilitas terluas (blog.playstation.com)