Nama Marga Korea Terpopuler yang Punya Sejarah Panjang dan Artinya

Nama marga Korea terpopuler yang punya sejarah panjang dan artinya.

Nama marga Korea yang kita kenal selama ini jelas bukan nama sembarangan gengs. Umumnya, semua orang Korea punya nama marga Korea di depan namanya. Pasti kamu tau deh nama marga mana aja yang paling terkenal.

Nama marga Korea terpopuler misalnya adalah Kim. Banyak banget orang Korea yang nama depannya adalah nama marga Korea Kim.

Nama marga Korea sendiri punya sejarah panjang gengs. Mulanya adalah era sebelum tahun 1000 Masehi. Saat itu, Korea dikuasai oleh Raja Wang Geon pada jaman Dinasti Goryeo. Dia membuat peraturan untuk pemberian nama marga Korea pada para bangsawan.

Tujuannya pemberian nama marga Korea ini adalah untuk mengetahui mana aja orang yang keturunan raja dan yang bukan. Makanya ada beberapa nama marga yang terkenal seperti Kim, Lee, dan Park.

Singkatnya, nama marga Korea itu masih terus digunakan orang-orang Korea sampe sekarang. Nama marga Korea itu pun selalu ditempatkan di depan nama orang tersebut. Misalnya nama aktor Korea Kim Woo Bin.

Posisi nama marga ini juga nggak bisa diubah dalam pengisian formulir catatan sipil internasional. Formulir imigrasi misalnya, pokoknya ya tetap di depan.

Nama marga Korea juga terdapat di depan nama-nama orang di Korea Utara. Namun, nama marga di Korea Utara ini lebih asing, seperti Rim, Ri, Ryuk, Ryeom, dan lain-lain.

Nama marga Korea punya sejarah yang panjang (theseoulguide.com)

Uniknya, pemilik nama marga Korea juga pernah dilarang untuk menikah bila masih satu marga. Larangan ini pernah berlaku tahun 1997 lalu. Namun tahun 2005, pemerintah menghapus larangan tersebut.

Berikut ini deretan nama marga Korea terpopuler yang punya sejarah panjang dan artinya.

#1 Kim

Nama marga Korea Kim adalah yang paling banyak dimiliki warga Korea. Nama Kim diperkirakan dimiliki lebih dari 10 juta orang Korea. Artinya adalah 'emas'.

#2 Lee

Nama marga Korea Lee juga termasuk yang paling banyak digunakan orang Korea. Di Korea, nama marga ini disebut sebagai "i" aja. Diperkiran digunakan oleh sekitar 7 juta orang Korea. Artinya 'pohon plum'.

Pasangan dengan marga Song yang menikah beberapa tahun lalu (korea.net)

#3 Park

Nama marga Korea Park disebut sebagai "bak" kalo di Korea. Nama marga korea ini memiliki arti 'bersinar' dan dimiliki sekitar 4 juta orang Korea.

#4 Choi

Nah, Choi Siwon menggunakan nama marga Korea ini. Artinya adalah 'gunung'.

#5 Jeong

Nama marga Korea ini juga cukup populer di Korea yang artinya adalah 'paku besar' atau 'mengandalkan'. Nama marga ini digunakan sekitar 2,4 juta penduduk Korea.

#6 Kang

Nama marga Korea selanjutnya yang paling populer adalah Kang, yang berarti 'jahe' atau 'sungai'. Ada sekitar 1,2 juta orang yang menggunakan nama marga ini.

Kim Woo Bin, pemilik nama marga Korea Kim (tirto.id)

#7 Go

Nama marga Korea selanjutnya adalah Go yang berarti 'tinggi'. Nama ini bisa menjadi doa atau harapan dari orang tua agar anak-anaknya punya posisi keberuntungan yang tinggi.

#8 Cho

Cho adalah nama marga Korea yang berarti 'grup' atau 'teman'. Nama marga ini mungkin kurang begitu populer ya di dunia hiburan Korea, tapi nama ini digunakan sekitar 1,4 juta orang.

#9 Yoon

Marga Yoon juga banyak dimiliki orang Korea. Nama marga Korea ini berarti 'menguasai'.

Kang Daniel, pemilik nama marga Korea Kang (kpop-today.com)

#10 Bae

Nama marga Korea ini cukup populer di Korea. Terlebih setelah bintang Korea Bae Suzy yang terkenal cantik itu. Bae sendiri adalah nama marga Korea yang berarti 'inspirasi'.

#11 Im

Marga Im juga populer di Korea yang berarti 'menunjuk'. Marga ini digunakan oleh lebih dari 1 juta orang Korea.

#12 Ji

Ji dalam nama marga Korea berarti 'telaga' atau 'kebijakan'. Marga ini juga dikenal di Korea misalnya pada aktor Ji Chang Wook.

Sebenernya masih banyak nama marga Korea lainnya. Beberapa di antaranya pun cukup populer digunakan. Kira-kira kalo jadi orang Korea, kamu mau milih nama marga Korea yang mana gengs?

Bae Suzy (pinterest.com)