Cara Tak Lazim Orang Bersalaman dari Beberapa Masyarakat Dunia

Biasanya sih menyapa orang cukup dengan ucap salam atau sekaligus bersalaman. Tetepi sejumlah masyarakat di negara-negara ini memiliki cara yang tak lazim gengs.

Kalau kita bertemu dengan seseorang yang kita cukup kenal, refleks pertama kita tentu dengan menjulurkan tangan untuk mengajak bersalaman. Ini adalah cara paling lazim yang kita ketahui selama ini.

Namun berbeda dengan sejumlah masyarakat di beberapa negara ini. Mereka memiliki caranya yang tersendiri untuk menghormati orang yang baru saja bertatap muka. Yuk kita simak bagaimana cara bersalaman yang tak lazim itu di bawah ini gengs.

1. Mongolia

Masyarakat Mongolia memiliki cara yang unik dalam menyapa orang. Tentu saja bukan dengan jabat tangan seperti yang lazim kita gunakan. Mereka biasanya akan saling memegang lengan.

Salam ini disebut dengan Zolgokh. Pihak yang lebih muda akan memegang siku orang yang lebih tua dari bawah sebagai simbol bahwa mereka memberikan support kepada kaum tetua. Mereka juga akan saling menempelkan pipi sembari bertanya kabar masing-masing.

Cara tak lazim ketika bersalaman dari berbagai negara (wikipedia.org)

2. Tibet

Sementara itu, penduduk di Tibet akan menjulurkan lidahnya sebagai tanda rasa hormat kepada orang lain. Cara ini memang mungkin menurutmu agak tak wajar, apalagi di Indonesia, tindakan menjulurkan lidah bukanlah perilaku yang pantas dilakukan. 

Namun, di Tibet cara menyapa dengan menjulurkan lidah memberi arti bahwa masyarakat Tibet bukanlah reinkarnasi dari raja abad kesembilan yang jahat dengan lidah hitam. Filosofi tersebut memiliki arti bahwa seseorang yang memiliki lidah yang sehat dan berwarna merah muda, maka orang tersebut bukanlah orang jahat.

Cara tak lazim ketika bersalaman dari berbagai negara (thewonderlist.net)

3. Tuvalu

Tuvalu juga memiliki cara yang tak kalah unik dibanding negara-negara lainnya. Negara yang terletak di antara pulau Hawaii dan Australia di Samudera Pasifik ini memiliki cara menyapa seseorang, yaitu dengan cara mencium pipi. 

Namun, cium pipi yang dilakukan orang Tuvalu bukanlah cara yang biasa. Saat mencium pipi seseorang, mereka tidak mengecup melainkan menempelkan pipi ke orang lain sembari bernafas dalam-dalam. 

Cara tak lazim ketika bersalaman dari berbagai negara (whenonearth.net)

4. Uni Emirat Arab

Masyarakat di Uni Emirat Arab akan saling menggosokkan hidung saat menyapa orang lain. Menurut Ali Al Saloom dalam tulisannya "The National" mengatakan bahwa salam tersebut menunjukkan kebanggaan dan martabat. 

Hal itu lantaran orang UAE menyentuh hidung dan dahi mereka ke tanah sebagai tanda penghormatan ketika mereka berdoa. Sehingga ketika ingin menghormati orang lain, mereka akan saling menempelkan hidung dengan lawan bicara.

Cara tak lazim ketika bersalaman dari berbagai negara (thenational.ae)

5. Selandia Baru

Hampir sama dengan Uni Emirat Arab, masyarakat Suku Maori di Selandia Baru biasanya melakukan sapaan hongi yang unik dan khas begitu bertemu orang lain yang dikenal. Hongi biasanya dilakukan dengan cara menempel dan menggosok hidung dan dahi.

Tak hanya itu, setelah muka mereka berdekatan karena harus menggosokkan hidung dan dahi, mereka lantas bernafas bersama. Mungkin terdengar aneh, namun bagi orang suku Maori, ini adalah cara tradisional untuk menyapa seseorang.

Cara tak lazim ketika bersalaman dari berbagai negara (britishheritage.com)