Sampaikan Pesan ke Masa Depan, Inilah 5 Kapsul Waktu Paling Fenomenal yang Pernah Dibuat Manusia

Sampaikan pesan ke masa depan, inilah 5 kapsul waktu paling fenomenal yang pernah dibuat manusia.

Sejak dulu, manusia berusaha berkomunikasi dengan manusia yang hidup di masa depan. Tapi kayaknya manusia jaman dulu juga yakin kalo mereka gak bisa mengirim surat ke orang-orang di masa depan. Pake apa juga?

Satu-satunya jalan untuk bisa sampaikan pesan ke masa depan adalah dengan mewadahi barang-barang dan ditanam. Makanya mereka menemukan sebuah teknologi bernama kapsul waktu.

Kapsul waktu sendiri telah ditemukan sejak abad ke-19. Tradisinya pun berjalan beberapa dekade setelahnya demi mengirimkan pesan kepada orang-orang di masa depan itu. 

Nah, demi sampaikan pesan ke masa depan, inlah 5 kapsul waktu paling fenomenal yang pernah dibuat manusia.

The Century Safe

Kapsul waktu yang pertama kali dibuat oleh manusia diberi nama The Century Safe. Kapsul waktu ini dibuat tahun 1876 dan langsung jadi sesuatu yang fenomenal di jaman itu.

Kapsul waktu itu juga sempat dipubiikasikan dalam artikel oleh Majalah New York. Majalah itu memberitakan pengumpulan artefak yang dipimpin oleh Anna Deihm di US Centennial Exposition, Philadelphia, Amerika Serikat (AS).

The Century Safe dibuat dari kotak besi yang dalamnya diisi barang-barang seperti emas, buku, koleksi hal-hal unik dari AS. Termasuk foto presiden AS kala itu, Ulysses S. Grant. Kapsul waktu itu dikubur di tempat terpencil dan dibuka 100 tahun kemudian.

The Century Safe nyaris terlupakan, tapi akhirnya ditemukan beberap tahun sebelum jadwal pembukaannya kembali. Century Safe dibuka persis tahun 1976 dalam sebuah acara besar di AS. Kapsul itu juga dibuka oleh Presiden AS Gerald Ford. Mereka pun menemukan benda-benda berusia seabad yang tersimpan dengan baik.

The Century Safe dari tahun 1876 (time.com)

Crypt of Civilization

Kapsul waktu selanjutnya diberi nama Crypt of Civilization. Kapsul waktu ini adalah sebuah proyek fenomenal yang dibuat oleh Universitas Oglethorpe. Idenya datang dari Thornwell Jacobs, sang presiden kampus. Dia pengin memberikan catatan arkeologi kepada generasi di masa depan.

Kapsul waktu itu dibuat tahun 1937 dan dikubur selama 6.177 tahun. Berarti baru akan dibuka tahun 8113 Masehi! Di tahun 8000 begitu, mereka yakin peradaban manusia benar-benar jauh berbeda dengan peradaban abad 20 atau 21.

Crypt of Civilization menyimpan banyak buku pelajaran, sejarah, agama, acara TV, hingga beberapa benda yang ditemukan pada era 1930-an. Sampe sekarang, kapsul ini berarti udah berusia 83 tahun dan masih ribuan tahun lagi sampe waktu dibukanya.

Kapsul waktu Crypt of Civilization sendiri dikubur di bawah gedung kampus Universitas Oglethorpe.

Crypt of Civilization (world-facts.org)

Westinghouse Time Capsule

Kapsul waktu selanjutnya dibuat tahun 1939 dan diberi nama Westinghouse Time Capsule. Kapsul waktu ini dibuat saat perayaan New York World's Fair oleh Westinghouse Electric and Manufactureing Company.

Perusahaan itu membuat silinder metal panjang dengan panjang hingga 50 kaki. Di dalam kapsul itu disimpan benda-benda yang tersedia di masa itu. Mulai dari produk-produk metal, tekstil, biji-bijian, mikrofilm, hingga rekaman lagu The Beatles.

Barang-barang lainnya juga ikut dimasukkan seperti rokok, cup plastik, hingga sepucuk surat dari fisikawan terkenal, Albert Einstein. Kapsul itu dibuat dengan alasan menyelamatkan sebagian dari sejarah. Sebab, ancaman perang masih sering terjadi dan mereka ingin mengirim pesan ke masa depan.

Westinghouse Time Capsule ditanam dan jadwal dibukanya adalah 5.000 tahun kemudian. Berarti baru akan dibuka tahun 6939 Maeshi nanti gengs. Kita gak tau deh bakal kayak apa kehidupan ribuan tahun yang akan datang.

Westinghouse Time Capsule (untappedcities.com)

The Expo '70 Time Capsule

Lebih dari tiga dekade kemudian, tradisi membuat kapsul waktu ada lagi nih. Kapsul waktu itu diberi nama The Expo '70 Time Capsule yang diinisiasi oleh perusahaan besar asal Jepang, Panasonic.

Kapsul waktu itu dibuat tahun 1970 menggunakan logam. Dalamnya berisi barang-barang dari pihak penggagas seperti kimono, film, biji-bijian, mikroorganisme. Ada juga potongan kuku dari beberapa orang yang selamat saat bom atom Hiroshima.

Meski isinya aneh-aneh, kapsul ini didesain dengan baik. Kapsul waktu itu berisi gas argon agar barang-barang di dalamnya tidak membusuk atau rapuh. Soalnya gas itu akan menjaga kelembaban udara.

Seperti Westinghouse Time Capsul, The Expo '70 Time Capsule juga akan dibuka 5.000 tahun setelah ditanam. Bedanya, The Expo '70 Time Capsule akan dibukan setiap 100 tahun sekali untuk diperiksa isinya agar tidak rusak.

The Expo '70 Time Capsule (flickriver.com)

Juneau Time Capsule

Kapsul waktu yang terakhir diketahui dibuat adalah Juneau Time Capsule tahun 1994. Karena kapsul waktu itu dibuat di era yang lebih maju lagi, gak heran deh beberapa barang yang diisi ke dalamnya adalah Walkman Sony, boneka Barbie, SIM, hingga ratusan surat yang dibuat oleh anak-anak untuk anak-anak di masa depan.

Surat-surat itu rencananya akan dibuka dan dibaca oleh anak-anak sekolah di masa depan. Kapsul itu rencananya akan dibuka seratus tahun sejak ditanam tahun 1994. Berarti ya tahun 2093 mendatang!

Juneau Time Capsule sendiri dibuat sebagai proyek kota yang digagas untuk melindungi sejarah. Warga kota saling membantu untuk memberikan hadiah kepada keturunan mereka semua yang hidup 100 tahun setalahnya.

Entah bakal kayak gimana ya kehidupan di masa depan nanti. Yang pasti, inilah 5 kapsul waktu paling fenomenal yang pernah dibuat manusia. Semua dilakukan demi sampaikan pesan ke masa depan. Biar gak lupa sama sejarah!

Juneau Time Capsule (juneauempire.com)