Liat Video Syur Nggak Sengaja dan Nonton Mukbang Batalin Puasa Nggak Sih? Ini Hukum 5 Kebiasaan Saat Ramadhan

Taukah kalian 5 kebiasaan waktu puasa ini hukumnya gimana? Simak penjelasannya.

Selamat melaksanakan ibadah puasa bagi kalian yang menjalani gengs. Dengan puasa, kita menghindari hal-hal yang membatalkannya.

Tapi, kalian pasti kadang bertanya-tanya, nonton iklan video syur di Youtube secara sengaja dan liat mukbang itu batalin puasa nggak sih? 

Simak penjelasan soal hukum kebiasaan-kebiasaan berikut ini. 

1. Nonton video syur secara nggak sengaja

Melansir Islami.co, keluar air mani akibat persentuhan secara sengaja bisa bikin puasa batal. Hal ini termasuk masturbasi. Nah, kalo nggak sengaja nonton video syur gimana dong?

Seperti kita tau nonton video maksiat tu termasuk zina mata. Akan tetapi, prinsipnya hal-hal yang nggak disengaja yang dilakukan waktu puasa itu nggak bisa membatalkan gengs. 

Jadi pas nggak sengaja liat video syur, langsung istighfar dan sadar diri aja gengs. 

2. Nonton mukbang

Nonton mukbang dilakukan dengan cuma sekedar liat orang makan aja. Jadi, kita nggak makan. Dibutuhkan mental kuat bagi kalian yang mau nonton mukbang. Ini supaya kalian nggak kegoda ikut makan. 

Nah, intinya, nonton mukbang nggak membatalkan puasa. Tapi, mukbang emang menciptakan godaan besar bagi kita. 

3. Sikat Gigi

nonton video syur (smithsonianmag.com)

Gosok gigi juga bisa jadi faktor yang membatalkan puasa kalo nggak hati-hati. Sikat gigi yang dilakukan saat puasa hukumnya makruh dan berisiko membatalkan. Terutama waktu sebelum Dzuhur sampai Ashar. 

Makanya, sikat gigi saat puasa masih jadi perdebatan. Kalo mau aman, sebaiknya sikat gigi sehabis sahur dan berbuka.

4. Icip makanan

Saat memasak, sebenarnya nggak sedikit orang yang mencoba menyicip makanan. Hal ini dilakukan karena takut masakannya kurang pas.

Walopun kita udah mengeluarkan kembali makanannya, kita nggak tau seberapa besar makanan yang ketelen. Beberapa ulama bilang kalo mencicipi makanan hukumnya makruh.

5. Merokok

gosok gigi (aawsat.com)

Jangan deh merokok saat puasa. Soalnya, rokok mengandung tar dan nikotin yang makan menetap di mulut, kerongkongan, paru-paru, dan lambung. Makanya, merokok bisa membatalkan puasa. 

Itulah hukum beberapa kebiasaan saat puasa yang masih membingungkan. Sekarang udah tau kan nonton mukbang dan video syur nggak sengaja itu batalin puasa atau nggak?

merokok (verywellmind.com)