5 Scrub Wajah DIY yang Menghaluskan Kulit Bisa Kamu Buat Sendiri

Perawatan kulit yang bisa kamu lakukan sediri di rumah nih.

Scrub membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati, membuat wajah terasa seperti bayi, dan meminimalkan tampilan pori-pori, kata Renee Rouleau, ahli kecantikan selebritas dan pendiri Renee Rouleau Skincare.

Kalau bikin sendiri juga jauh lebih murah daripada yang ada di toko. Jadi bisa hemat uang juga geng...

Ketika menggunakan scrub DIY pastikan kamu gak menggosok terlalu keras agar tidak merobek kulit. Berikut ini 5 scrub wajah yang bisa kamu bikin sendiri di rumah gengs.

1. Lulur exfoliator kelapa

Bahan:

1/3 cangkir gula

1-2 sendok makan minyak kelapa

Petunjuk: Campurkan gula dan minyak kelapa, campur, dan gosok.

Manfaat: Cobalah menggunakan gula super halus sehingga menghasilkan formula selembut mungkin di wajah kata Lisa Levin, CEO Pharmacopia Natural Bodycare. Kalau pakai gula merah sebaiknya gunakan aja buat badan.

Bahan minyak kelapa (today.com)

2. Lulur almond dan teh hijau

Bahan:

5 almond

1 sendok makan yogurt

1 sendok teh hijau

Petunjuk: Masukkan almond ke dalam mesin penggiling kopi sehingga almond sangat halus. Campur almond dengan yogurt dan teh hijau untuk membentuk pasta, lalu perlahan-lahan gosokkan ke kulit. Bisa kamu ulek asalkan almondnya halus. Kalau blender teksturnya masih kasar.

Manfaatnya: Almond membuat wajah terasa halus dan lembab, sementara teh hijau menambah antioksidan dan melembabkan kulit.

Bahan almond (bacakuy.net)

3. Lulur oat dan madu

Bahan:

2/3 gelas gandum

1 sendok makan madu

1 sendok makan yogurt

Petunjuk: Haluskan oat dengan penggiling atau blender atau kamu bisa menggunakan tepung gandum. Kemudian tambahkan madu dan yogurt ke dan campur dengan sendok sampai bahan-bahannya tercampur.

Manfaat: Oat sangat menenangkan bagi kulit dan madu secara alami memiliki zat anti bakteri, pencegah jerawat.

4. Pepaya dan nanas

Bahan:

pepaya secukupnya

1 sendok makan jus nanas

2 sendok makan jus lemon

1 sendok teh gula super halus

Petunjuk: Hancurkan pepaya, jus nanas, jus lemon, dan gula. Biarkan masker ini bertahan selama sekitar 20 menit dan bilas.

Manfaat: Enzim buah adalah alternatif lembut untuk pengelupasan kimia. "Orang dengan kondisi kulit sensitif seperti eksim tidak dapat menggunakan scrub," kata Benjamin.

Itu sebabnya dia merekomendasikan campuran pepaya dan nanas ini bagi Anda yang ingin DIY tetapi tidak dapat selalu bisa menggunakan scrub.

Pepaya dan nanas (earth.com)

5. Exfoliator kiwi dan yogurt

Bahan:

1 kiwi

2 sendok makan yogurt

2 sendok teh minyak zaitun

Petunjuk: kupas kiwi dan tumbuk buah. Campur kiwi tumbuk dengan yogurt dan minyak zaitun dalam mangkuk. Kemudian, gosok formula ini di sekitar wajah dan bilas.

Manfaat: Menurut Levin, yogurt memiliki asam laktat yang membantu pengelupasan kulit dengan cara non-abrasif. (Ini sangat membantu jika kamu memiliki kulit sensitif.)

Mudah kan gengs.. kamu bisa mulai hari ini juga di rumah!

Exfoliator kiwi (abelandcole.co.uk)