Google Punya Beberapa Aplikasi 'Rahasia' yang Bikin Hidup Lebih Mudah dan Jarang Diketahui Orang

Google punya beberapa aplikasi 'rahasia' yang bikin hidup lebih mudah dan jarang diketahui orang.

Kita akrab banget sama beberapa aplikasi Google. Terutama mesin pencarian yang sering banget kita pake. Mungkin kita juga sering menggunakan YouTube, GMail, Chrome, Maps, Translate, hingga Drive.

Tapi ternyata itu cuma sebagian dari aplikasi Google. Selain itu masih banyak lagi dan kesannya 'rahasia' karena jarang diketahui orang. Padahal aplikasi 'rahasia' ini bisa bikin hidup kita lebih mudah.

Ini dia beberapa aplikasi 'rahasia' Google yang bikin hidup lebih mudah dan jarang diketahui orang.

#1 Trusted Contacts

Di Google, kamu bisa cari aplikasi bernama Trusted Contacts nih gengs. Aplikasi 'rahasia' ini oke banget buat keluarga. Apalagi buat orang tua yang selalu khawatir sama anaknya ketika pergi atau main ke luar rumah.

Aplikasi ini memungkinkan kita untuk membagikan lokasi secara real-time dengan orang terdekat. Tapi, kita butuh persetujuan dari seseorang yang pengin minta lokasi.

Kalo permintaan itu direspons, berarti lokasi terakhirnya akan masuk ke hape kamu secara otomatis dalam jangka waktu tertentu.

Google Trusted Contacts (techieword.com)

#2 Trips

Aplikasi Google yang satu ini oke banget buat dijadikan asisten pribadi buat kamu yang hobi mengeksplor tempat-tempat baru. Urusan perjalanan kamu mulai dari tiket pesawat, reservasi hotel, informasi destinasi wisata bisa diurusin sama Google Trips ini.

Kerennya lagi, aplikasi ini bisa digunakan secara offline lho gengs. Tapi sebelumnya kamu perlu men-download semua informasi tentang destinasi di aplikasi ini.

Kamu juga bisa dapet informasi soal mata uang lokal, rumah sakit terdekat, transportasi, dan rekomendasi personal berdasarkan kebiasaan kamu saat berinternet.

Google Trips, oke banget nih! (Twitter @theverge)

#3 Arts & Culture

Aplikasi yang satu ini oke banget buat kamu yang suka sama seni dan budaya. Soalnya, kamu bisa 'datang' ke pameran populer di seluruh dunia dan ngeliat sendiri karya seni secara detail.

Kamu juga bisa menjeljah ribuan cerita, foto, video, hingga manuskrip. Semua bisa kamu lakukan dari tangan kamu doang! Kamu juga bisa keliling museum terkenal dan gunakan fitur Virtual Reality yang tersedia di aplikasi 'rahasia' ini.

Arts & Culture dari Google udah berkolaborasi dengan lebih dari 1.200 museum, galeri, serta institusi di 70 negara gengs!

Google Arts & Culture (apkpure.com)

#4 Spotlight Stories

Aplikasi 'rahasia' selanjutnya adalah Spotlight Stories. Aplikasi ini memungkinkan kamu menikmati hiburan dari banyak sisi. Semua ini berkat teknologi VR-nya, jadi gak cuma linear atau dari satu arah doang.

Aplikasi ini adalah lanjutan proyek Google dalam mengembangkan konten video dalam tampilan 360 derajat.

Google Spotlight Stories, aplikasi yang oke banget~ (awn.com)

#5 Ekspedisi

Google Ekspedisi adalah aplikasi yang menyediakan fitur pembelajaran dan pengajaran keren. Aplikasi ini bikin kamu bisa melakukan perjalanan VR atau menjelajahi objek Augmented Reality (AR) gengs.

Aplikasi membuat pelajaran sejarah, sains, seni, dan pengetahuan lainnya jadi lebih mudah dan menyenangkan gengs. Semua ini juga karena dibantu teknologi AR dan VR.

Ada lebih dari 800 daftar ekspedisi yang bisa kita jelajahin di aplikasi ini. Oke banget nih!

Google Expedition (edu.google.com)

#6 Classroom

Aplikasi ini kayaknya lagi sering dibuka banyak orang deh selama karantina virus corona belakangan ini. Aplikasi ini juga memudahkan hidup para pelajar dan pengajar agar tetap terhubung baik di dalam atau di luar sekolah.

Aplikasi ini memungkinkan kita untuk membuat kelas secara online. Kita jadi bisa lebih menghemat waktu dan kertas. Komunikasi jadi tetap berjalan lancar berkat Google Classroom ini.

Google Classroom, ada yang lagi app ini gengs? (pintaria.com)

#7 PhotoScan

Aplikasi 'rahasia' ini oke banget lho untuk nge-scan dan menyimpan cetakan foto favorit kita ke dalam format digital. Kamu tinggal posisikan kamera hape ke foto cetak. Foto-foto jadul sebelum ada smartphone misalnya.

Setelah di-scan, kamu bisa lihat hasilnya yang lebih jelas dan bersih. Kamu tinggal atur-atur sendiri deh, bebas. Foto itu juga bakal langsung tersimpan sendiri di Google Photos. Tinggal akses aja deh~

Google PhotoScan, udah pernah coba belom? (teknologi.id)

#8 Jurnal Sains

Aplikasi yang satu ini juga memungkinkan kita untuk menyimpan catatan, foto, dan hasil pengamatan yang kita lakukan di sebuah tempat. Kamu bisa mengukur cahaya, suara, tekanan udara, akselerasi, dan sebagainya.

Semua itu bisa dilakukan menggunakan sensor yang tersedia di hape kita gengs. Pake perangkat tambahan seperti Arduino dan Vernier.

Google Jurnal Sains (dailysocial.id)

#9 Toontastic 3D

Kalo kamu adalah penggemar animasi 3D, kamu perlu gunakan aplikasi 'rahasia' yang satu ini gengs. Toontastic 3D bisa mewujudkan impian kamu membuat kartun animasi menggunakan karakter animasi yang tersedia.

Kamu cma perlu memindahkan karakter animasi di sekitar layar. Terus kamu tinggal ceritakan kisah yang udah kamu buat sendiri.

Aplikasi ini bisa merekam suara dan gerakan karakter animasi yang udah kamu buat. Udah gitu tinggal kamu simpan sebagai video 3D deh. Asik banget buat ngisi waktu nih.

Itu dia beberapa aplikasi 'rahasia' Google yang bikin hidup lebih mudah dan jarang diketahui orang. Segera download dan coba sendiri deh gengs.

Google Toontastic 3D yang seru dan asik banget nih (fortune.com)