Inilah 7 Tempat Misterius yang Terdapat di Pegunungan Himalaya, Ada Kerajaan Tersembunyinya Lho~

Inilah 7 tempat misterius yang terdapat di Pegunungan Himalaya, ada kerajaan tersembunyinya lho~

Daya tarik Pegunungan Himalaya selalu berhasil menarik para pelancong untuk terus mengaguminya. Pegunungan ini juga menarik para pendaki gunung untuk menaklukkannya meski rintangannya bukan main sulitnya.

Pegunungan Himalaya punya area yang luas banget. Puncak Gunung Everest pun cuma salah satu spot terkenalnya aja. Jadi gak heran deh kalo ada banyak tempat misterius di area pegunungan tertinggi di dunia ini.

Salah satu tempat misterius di Pegunungan Himalaya adalah keberadaan kerajaan tersembunyi yang entah di mana.

Nah, sebelum kamu punya niatan jalan-jalan mendaki gunung ke sana, kamu harus tau bahwa inilah tujuh tempat misterius yang terdapat di Pegunungan Himalaya.

#1 Gangkhar Puensum

Gangkhar Puensum merupakan salah satu gunung tertinggi di Pegunungan Himalaya. Gunung ini kalah pamor sama Gunung Everest emang, dan belom ada yang pernah mendaki gunung ini.

Gunung ini menempati wilayah Bhutan. Ketinggian gunung ini juga telah berapa kali dihitung, tapi ... angka ketinggiannya selalu berubah-ubah. Gak pernah tetap.

Pendakian yang dilakukan ke gunung ini juga telah dilakukan beberapa kali. Namun upaya menaklukkan gunung ini selalu gagal sehingga aura misterus gunung ini selalu terjaga.

Orang Bhutan percaya kalo Gunung Gangkhar Puensum merupakan rumah makhluk-makhluk mitologis. Mulai dari yeti hingga tempat tinggal para dewa. Beberapa orang juga melaporkan pernah melihat penampakan aneh, cahaya misterius, hingga mendengar suara-suara yang asing.

Gunung Gangkhar Puensum di Bhutan, misterius banget (didweknow.com)

#2 Shambhala

Tempat misterius selanjutnya yang terdapat di Pegunungan Himalaya adalah Shambhala. Menurut kepercayaan masyarakat Tibet, Shambhala adalah sebuah kerajaan tersembunyi yang gak pernah diketahui secara pasti di mana letaknya.

Area Kerajaan Shambhala dipercaya selalu tertutup salju. Letaknya sendiri berada di antara delapan pegunungan bersalju yang melambangkan delapan lipatan dari daun bunga lotus.

Saking misteriusnya kerajaan tersembunyi ini, orang-orang Tibet juga percaya bahwa terdapat jalan tersembunyi juga untuk menuju Kerajaan Shambhala.

Namun, hanya orang-orang yang bersih jiwanya aja yang bisa menemukan dan masuk ke jalan tersembunyi itu.

Kerajaan Shambhala yang misterius ada di Pegunungan Himalaya (pinterest.com)

#3 Desa Malana

Tempat misterius di Pegunungan Himalaya yang lain adalah sebuah desa misterius juga nih. Namanya Desa Malana yang dihuni sekitar 1.000 penduduk. Semuanya bahkan tertutup dari dunia luar.

Masyarakat di desa ini diketahui gak mau terusik dan diusik dari kehidupan dunia luar. Makanya tertutup banget.

Menurut legenda, leluhur penduduk Desa Malana ini berasal dari pasukan Iskandar yang Agung (Alexander the Great). Dulunya, mereka membangun sebuah tempat perlindungan di desa yang terpencil itu tahun 326 Masehi.

Pasukan Iskandar yang Agung itu mengasingkan diri setelah kalah melawan Porus, pemimpin wilayah Punjab di masa kuno dulu. Bukti-buktinya adalah artefak-artefak dari masa lampau seperti sebuah pedang yang ditemukan di dalam kuil.

Hubungan genetik para tentara perang Iskandar yang Agung belum pernah diteliti. Banyak penduduk lokal tidak mengerti tentang cerita asal-usul desa ini. Sebab, penduduk desa ini punya bahasa sendiri.

Banyak yang menyebut bahwa penduduk desa ini menggunakan bahasa Kanashi yang dianggap suci. Bahasa itu tidak diajarkan kepada orang asing dan digunakan orang manapun di dunia ini.

Desa Malana di Pegunungan Himalaya yang tertutup dan misterius (thehindu.com)

#4 Danau Garudongmar

Tempat misterius selanjutnya di Pegunungan Himalaya adalah Danau Garudongmar. Danau ini dipercaya penduduk setempat sebagai danau yang diberkati oleh Guru Buddha Padmasambhaya.

Bukti dari pemberkatan itu adalah ada bagian danau yang tidak membeku. Konon, Guru Buddha Padmasambhaya telah menyentuhnya. Katanya juga nih, bagian yang gak membeku itu menjamin ketersediaan air selama musim dingin bagi penduduk setempat.

danau Garudongmar terletak di sebuah dataran tinggi di sisi Pegunungan Kanchengyao.

Danau Garudongmar yang suci di Pegunungan Himalaya (tripoto.com)

#5 Biara Sarang Harimau

Biara Sarang Harimau, atau Tiger's Nest Monastery, menjadi tempat misterius selanjutnya di Pegunungan Himalaya. Biara ini sangat misterius yang terletak di sisi terjal sebuah tebing di Bhutan.

Biara Sarang Harimau adalah sebuah gua yang diyakini sebagai tempat meditasi Guru Padmasambhawa. Sang Guru bertapa di sana selama 3 tahun 3 bulan 3 minggu 3 hari dan 3 jam. Serba 3!

Konon, Sang Guru bisa tiba di sana dari Tibet dengan menunggangi harimau. Tempat ini sangat tinggi dan membuat banyak orang bingung bagaimana orang jaman dulu bisa membangun biara tersebut.

Biara Sarang Harimau di tepian tebing curam (earthtrekkers.com)

#6 Gyanganj

Gyanganj adalah sebuah tempat misterius yang dipercaya sebagai "Kota Makhluk Abadi". Lokasinya sangat misterius dan dipercaya sebagai tempat terpencil. Gak banyak orang bisa mengakses tempat ini.

Gyanganj sendiri dipercaya terletak di sebuah ngarai Pegunungan Himalaya.

Umat Buddha di Tibet dan India meyakini bahwa Gyanganj bukanlah sekadar tempat biasa. Tempat misterius ini diyakini memiliki dimensi yang lebih tinggi.

Lokasi Gyanganj hanya bisa diakses oleh mereka yang punya jiwa-jiwa yang pantas untuk tinggal di sana, selamanya ....

Gak ada yang tau di mana letak Gyanganj yang legendaris itu (abc.net.au)

#7 Beyul Pemako

Sungai Yarlung Tsangpo terletak di perbatasan antara Tibet bagian tenggara dengan Laut India bagian timur. Sungai ini mengalir jauh menuju ngarai Tsangpo.

Nah, di tempat ini terdapat sebuah pemisah yang berdasarkan sebuah penilitian berjarak lebih dari 17 ribu kaki. Dalam teks-teks kuno, tempat itu disebut sebagai 'Beyul Pemako' atau "Tempat Lotus Tersembunyi".

Menurut mitologi Tibet, Pemako sendiri adalah wujud dari Dewi Dorje Pagmo. Jadi, setiap jurang, gua, dan aliran sungai melambankan tubuh dewi tersebut. Teks kuno juga menyebut bahwa Pemako adalah sebuah tempat sakral yang merupakan pintu menuju Yangsang, satu pintu dari 21 suga dunia.

Konon, tempat itu dibuat tak terlihat oleh Guru Rinpoche dan pernah digunakan sebagai tempat berlindung dari bahaya. Yangsang sendiri adalah pintu yang hanya bisa digunakan oleh orang-orang dengan jiwa yang bersih.

Itulah 7 tempat misterius yang terdapat di Pegunungan Himalaya. Gak cuma kerajaan tersembunyi Shambhala doang ya ternyata.

Beyul Pemako, apa mungkin ini lokasinya? (pinterest.com)