Microsoft Tambahkan Sejumlah Fitur yang Membuat Perambah Edge Semakin Menjanjikan

Perambah baru milik Microsoft yakni Edge akan mendapatkan sejumlah tambahan fitur yang akan membuatnya semakin menjanjikan.

Microsoft akhirnya melakukan tindakan yang akan menjadi lonceng kematian bagi aplikasi perambah Internet Explorer mereka. Browser baru perusahaan, Edge terlihat jauh lebih menjanjikan. 

Aplikasi ini mendapatkan beberapa fitur menarik yang membedakannya dari pesaing seperti Chrome dan Firefox. 

Sejumlah peningkatan fitur yang diumumkan perusahaan seperti tab vertikal, pemantauan kata sandi dan pencegahan pelacakan, serta versi seluler dari fitur Collection yang sangat berguna.

Edge, yang dibangun menggunakan open source Chromium dari Google, memperbolehkan sejumlah pengguna yang tertarik untuk menguji fitur-fitur baru dalam program Insider-nya. 

Microsoft berharap untuk mengaktifkan tab vertikal untuk komunitas pengujian dalam beberapa bulan ke depan. 

Fitur ini akan memberikan tampilan tab yang rapi yang telah dibuka pengguna, memungkinkan peralihan yang lebih intuitif. 

Tangkapan layar yang disediakan oleh Microsoft membuatnya tampak seperti pengguna akan dapat menggulir daftar yang menunjukkan favicon dan nama setiap situs web yang terbuka. 

Mudah-mudahan ini akan mencegah masalah yang umum terjadi pada tab horisontal, yaitu salah menutup tab yang kerap membuat sakit kepala.

Microsoft tambahkan sejumlah fitur baru untuk Edge (engadget.com)

Salah satu fitur unik yang saat ini ditawarkan Edge pada versi desktop adalah Collections. Pengguna dapat menyeret artikel yang mereka teliti ke dalam area Koleksi, selanjutnya Edge akan mengatur informasi menjadi tampilan yang menyenangkan secara visual, siap untuk referensi cepat atau untuk dicetak. 

Microsoft mengatakan bahwa alur kerja akan segera hadir ke versi seluler Edge. Fitur ini mungkin berguna saat pengguna melakukan penelitian ringan pada sebuah artikel di perjalanan dan kemudian ditelaah lebih lanjut ketika ia kembali ke laptop atau desktop mereka.

Beberapa pembaruan kecil akan datang ke Edge juga. Pencegahan pelacakan memungkinkan pengguna memilih dari tiga pengaturan keamanan yang sesuai dengan preferensi mereka. 

Microsoft tambahkan sejumlah fitur baru untuk Edge (blogs.windows.com)

Sementara Password Monitor akan memberi tahu pengguna jika kredensial mereka terekspos di dark web. 

Akhirnya, Immersive Reader menyediakan mode bebas gangguan sehingga pengguna dapat berkonsentrasi membaca artikel.

Pembaruan ini menunjukkan bahwa Microsoft serius untuk bersaing dengan Google dan Mozilla. Semoga kompetisi ini akan membawa beberapa inovasi ke browser web, sebuah revolusi besar yang belum pernah terlihat dalam beberapa waktu yang akan datang.

Microsoft tambahkan sejumlah fitur baru untuk Edge (silicon.co.uk)