Kisah Orang-orang yang Dianggap Gila Belanja dengan Nilai Fantastis Sepanjang Sejarah ...

Kisah orang-orang yang dianggp gila belanja dengan nilai fantastis sepanjang sejarah ....

Belanja sebenernya adalah aktivitas yang gak kenal jenis kelamin. Entah perempuan atau laki-laki, asal punya duit dan pengin ini-itu, semua bisa dibeli.

Tua atau muda sama aja. Mau barang yang paling penting sampe paling gak penting sekalipun.

Bahkan orang-orang ini dianggap sebagai orang yang paling gila belanja. Bahkan mereka bisa habiskan uang dengan nilai fantastis sepanjang sejarah. Siapa aja mereka? Simak kuy ulasannya.

#1 Imelda Marcos

Orang yang dianggap paling gila belanja dengan nilai fantastis sepanjang sejarah adalah Imelda Marcos. Imelda adalah istri dari mantan Presiden Filipina, Ferdinan Marcos.

Setelah suaminya tak lagi menjabat sebagai presiden, Imelda kabur dari Filipina. Dia meninggalkan lebih dari 3.000 pasang sepatu mewah.

Tapi, cerita tentang gila belanja Imelda Marcos dengan nilai fantastis adaalh saat dia melakukan perjalanan ke sejumlah negara di dunia tahun 1983. Imelda pernah berlibur sambil berbelanja ke New York, Roma, dan Kopenhagen.

Imelda Marcos menghabiskan waktu sekitar 90 hari. Dalam perjalanannya itu, Imelda bisa menghabiskan 7 juta dollar AS untuk membeli perhiasan, limusin, dan lukisan karya Michaelangelo. Imelda juga membeli permen karet hingga jutaan rupiah.

Yang paling gokil, Imelda pernah meminta pesawatnya putar balik karena lupa beli keju dalam perjalanannya ke Roma, Italia.

Imelda Marcos (interaksyon.com)

#2 Mary Todd Lincoln

Mary adalah istri dari Presiden AS Abraham Lincoln. Suaminya adalah presiden AS yang berjasa menghapus perbudakan di Amerika. Tapi istrinya ... dianggap sebagai orang yang paling gila dalam berbelanja.

Mary Todd Lincoln tercatat pernah terima suap untuk menutup kabar tentang pengeluarannya yang berlebihan. Dia pernah menghabiskan anggaran belanja empat tahunnya untuk merenovasi Gedung Putih, The White House.

Setengah dari anggaran itu dia gunakan untuk membeli porselen mewah dan wallpaper yang diimpor langsung dari Prancis. Hal ini jelas berbeda dengan suaminya yang rendah hati dan jujur.

Akibat ulahnya, Mary Todd Lincoln terjerat utang besar. Dia terpaksa menjual furnitur Gedung Putih hingga kotoran hewan dari kandang kuda presiden.

Mary Todd Lincoln (biography.com)

#3 William Randolph Hearst

Pandemi Flu Spanyol tahun 1919 silam membuat William Randolph Hearst kehilangan ibunya. Ibunya meninggal dunia dan meninggalkan warisan uang hingga 11 juta dollar AS.

Uang tersebut pun digunakan William untuk berbelanja. Dia pun membeli 28 surat kabar terkemuka di AS, berikut 18 majalah. Tapi hasil belanjaannya ini memberikan dia keuntungan hingga berkali-kali lipat. 

Dia jadi punya jaringan media terbesar di dunia. Sampe akhirnya tahun 1947, William menghabiskan jutaan dollar AS untuk menghias lahan peternakan keluarganya di California. 

Dia ubah lahan itu dengan bangunan bergaya gothic dengan 56 kama tidur, 61 kamar mandi, dan 19 ruang keluarga. William juga membeli 155 vas dari Yunani, patung-patung Mesir, dan bikin sebuah bioskop serta kebun binatang pribadi.

Wiliam Randolph Hearst (wikimedia.org)

#4 Gerd Heidemann

Gerd Heidemann adalah seorang jurnalis dan mata-mata Jerman Timur. Dia adalah penggemar berat Nazi. Dia juga punya banyak uang, makanya dia sengaja menjual rumahnya dan membeli yacht milik komandan Nazi Hermann Goering.

Setelah itu, Heidemann malah terbelit utang. Tapi dia gak kehabisan akal. Dia pun bilang telah menemukan 62 volume buku harian Adolf Hitler, sang pemimpin Nazi.

Gerd Heidemann kemudian meyakinkan majalah Jerman Barat Stern untuk membeli buku harian tersebut. Buku harian itu dibeli dengan harga 5 juta dollar AS.

Tapi, buku harian Adolf Hitler itu sempat diteliti demi mengetahui keasliannya oleh pakar Hitler dari Newsweek dan Sunday Times. Sementara Majalah Times juga membeli izin untuk menerjemahkannya ke dalam bahasa Inggris.

Beberapa hari kemudian setelah diteliti, buku harian tersebut terbukti palsu! Heidemann kemudian ditangkap. Padahal duit yang dia dapat dari menipu itu telah digunakan seperlimanya untuk membeli 2 vila di Spanyol, 2 mobil sport, perhiasan, serta memorabilia Perang Dunia II.

Yap, itulah deretan kisah orang-orang yang dianggap paling gila belanja dengan nilai yang fantastis. Tapi yang paling gokil tetep Imelda Marcos sih, bisa minta tolong pesawat buat berputar gegara kelupaan beli keju~

Gerd Heidemann (welt.de)