Meski Tahu Sulap Hanya Trik, Kenapa Kita Tetap Menyukai Hiburan Ini?

Ketika pemahaman kita semakin tinggi, kita tentu tahu kalau sulap hanya trik yang dimainkan seorang pesulap saja. Tetapi mengapa kita masih menyukai hiburan ini?

Ketika kita masih anak-anak, kita kerap terheran-heran begitu ada pertunjukan sulap di hadapan kita. Entah itu lewat acara televisi, atau menontonnya langsung di festival. Kita saat itu akan sangat terkejut dengan aksi pesulap tanpa tahu kalau itu semua hanyalah trik belaka.

Begitu kita menginjak dewasa dengan sejumlah informasi baru, mungkin pada satu titik kita mengetahui sedikit banyak trik-trik sulap tersebut. Tetapi entah kenapa kita masih menyukai hiburan ini? Yuk cari tahu alasannya di bawah ini gengs.

1. Senang ketika mendapatkan perasaan takjub

Praktis, kamu akan merasa takjub dengan apapun yang dilakukan oleh si pesulap. Bagaimanapun juga, memang ada beberapa pesulap yang memiliki kemampuan khusus seperti bisa membaca pikiran seseorang. Kamu pasti akan kagum ketika pesulap tersebut berhasil tahu apa yang sedang kamu pikirkan saat itu juga.

Sulap tetap menakjubkan meski tahu itu hanya trik (dailymail.co.uk)

2. Rasa kagum akan hilang ketika kamu sudah tahu triknya

Sesederhana apapun triknya, pesulap tetap enggan untuk membeberkannya karena itu bisa membuat sulapnya tidak laku. Oleh karena itu pesulap selalu merahasiakan triknya demi menjaga perasaan takjub kamu. Kamu akan terus merasa terpesona kalau belum tahu triknya, meskipun kamu sudah menontonnya berulang-ulang.

Sulap tetap menakjubkan meski tahu itu hanya trik (planentrainement.com)

3. Mampu memanipulasi persepsi semua orang

Ketika sulap berlangsung, ada momen di mana kamu 'disesatkan'. Misalnya si pesulap berusaha menarik perhatian atau mengubah topik pembicaraan sehingga kamu tidak akan fokus kepada objek sulap. Padahal, di saat itu pula si pesulap sedang melancarkan triknya. Jika orang lain yang 'dikerjai' oleh pesulap, kita melihatnya sangat menyenangkan.

Sulap tetap menakjubkan meski tahu itu hanya trik (vulcanpost.com)

4. Sulap membuat kamu seolah-olah menjadi polos lagi

Meskipun kita mungkin sudah berkali-kali lihat pertunjukan sulap tertentu, pesulap yang baik adalah pesulap yang mampu membuat kita menjadi polos lagi. Kepolosan itu sendiri dibutuhkan sesekali dalam kehidupan ini. Sulap adalah cara untuk melarikan diri dari realitas kehidupan yang melelahkan. Kamu akan menyetop segala realitas dan mulai memasuki dunia sulap untuk sekadar mendapatkan kesenangan.

Sulap tetap menakjubkan meski tahu itu hanya trik (magicofzain.com)

5. Semua orang akan puas ketika tahu trik di balik sulap

Apalagi segala sesuatu yang terjadi itu ada sebab akibatnya. Alhasil kamu akan berpikir mengenai fenomena tersebut untuk mencari apa yang menyebabkan sulap bisa terjadi. Untuk itu, kamu akan merasa puas ketika berhasil mengetahui trik dari sulap yang kamu tonton. Sungguh aneh tapi nyata.

Sulap tetap menakjubkan meski tahu itu hanya trik (jesvenues.com)