Kenikmatan Duniawi, Ini Dia 7 Cemilan Tradisional Enak Dari Bahan Ketan

Daftar cemilan super nikmat yang bahannya dari ketan. Coba tebak ada apa aja?

Tau nggak sih kalau cemilan tradisional dari bahan ketan tuh banyak banget. Selama ini mungkin kamu nggak sadar malah kalau cemilan ini tuh bahan utamanya adalah ketan. Emang enak dan bikin kenyang pula! Udah gitu, bisa dibikin macem-macem juga, bisa deh seminggu full makan cemilan ketan! 

Apa aja sih kudapan berbahan ketan? Yuk simak daftarnya~

Ketan dengan taburan serundeng tuh enak banget, biasanya banyak dijual di toko-toko jajanan pasar. Serundengnya sendiri rasanya perpaduan asin dan agak manis. 

Kalau yang ini namanya ketan bakar. Biasanya banyak dijual di daerah-daerah dingin nih, kayak Puncak atau Lembang, Bandung. Simple banget sih, ketan sebelumnya dikukus, terus dibakar, dan makannya dicocol pakai sambal oncom plus serundeng. Nikmat banget dimakan pas masih hangat. 

Mirip sama ketan serundeng, tapi ini versi manisnya. Namanya ketan unti. Bedanya, serundeng yang dipakai tuh dicampur gula merah terus disajikan di atas ketan kukus. 

Nah, ini nggak kalah enak juga. Ketan susu! Padahal cuma ketan terus dikasih susu kentan manis dan parutan kelapa, tapi rasanya wow banget. Bisa juga ditambah topping kayak keju, cokelat, durian, atau oreo. 

https://www.instagram.com/p/B93_KEYg1E9/

Lemper isi ayam ini juga bahannya dari ketan lho. Bentuknya mirip sama lontong tapi kecil-kecil dan isiannya ayam cincang. Ada versi bakarnya juga yang super wangi~ 

Ini nih biasa disebut lupis atau lopis. Dimasak kayak lontong atau bisa dibentuk segitiga, terus dikukus. Pas udah matang, disiram saus gula aren dan ditaburin kelapa parut. The best! 

Siapa yang pernah makan semar mendem? Jadi cemilan ini tuh mirip banget sama lemper, tapi nggak dibungkus daun pisang. Semar mendem ini bagian luarnya dibungkus pakai dadar dari tepung dan telur.