Lokasi Wisata yang Terpaksa Tutup Karena Rusak oleh Wisatawan Tak Bertanggung Jawab

Karena banyak wisatawan yang nggak bertanggung jawab datang dan merusak, sejumlah lokasi wisata di bawah ini.

Manusia kadang tak tahu batasan. Seperti dengan lokasi wisata di bawah ini. Ulah manusia yang tak bertanggung jawab membuat pengelola wisata terpaksa menutupnya karena kondisinya sangat memprihatinkan.

Padahal dahulunya lokasi wisata di bawah ini sangatlah indah. Namun sekarang terlihat meyedihkan. Pantaslah kalau ditutup untuk mencegah wisatawan datang dan merusak. Yuk kita tengok lokasi mana saja yang terpaksa tutup karena dirusak wisatawan gengs.

1. Teluk Maya Bay, Thailand

Teluk Maya atau Maya Bay Thailand pertama kali terkenal sejak menjadi lokasi pengambilan gambar dari film The Beach yang dibintangi Leonardo Di Caprio pada tahun 2000. Namun, akhirnya wisata ini harus tutup, karena setiap harinya kedatangan 5.000 pengunjung yang membuat rusak pantai dan laut di sana.

Lokasi wisata yang rusak karena wisatawan (youtube.com)

2. Pulau Komodo, Indonesia

Pada April 2019 hingga 2020, pemerintah Indonesia mengumumkan akan menutup salah satu wisata paling populer, yakni Pulau Komodo. Pengumuman ini muncul setelah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia menyatakan adanya penyeludupan yang mencoba mencuri 41 dari 1.800 komodo.

Lokasi wisata yang rusak karena wisatawan (luxurylaunches.com)

3. Pulau Koh Khai Nok, Thailand

Pulau Koh Khai Nok seharusnya hanya menampung pengunjung sekitar 70 orang. Faktanya, pulau ini dikunjungi 1.000 pengunjung setiap harinya. Alhasil, wisata ini ditutup karena kerusakan ekosistem dan terumbu karang akibat ulah para wisatawan. Menurut Travel and Leisure, jangkar kapal dan perenang menjadi penyebab rusaknya 80 persen terumbu karang.

Lokasi wisata yang rusak karena wisatawan (luxuryvillasphuketthailand.com)

4. Walker Canyon, California

Fenomena alam bunga poppy super bloom yang menarik terjadi di Walker Canyon California. Wisata ini biasanya dikunjungi para fotografer. Namun, wisata ini harus ditutup pada Februari 2019. Pasalnya, jumlah pengunjung diperkirakan 50.000 orang per harinya. Berdasarkan The Washington Post, wisata ini harus ditutup karena mengakibatkan kemacetan lalu lintas dan banyak tumbuhan yang rusak.

Lokasi wisata yang rusak karena wisatawan (10news.com)

5. Ngarai Fjaðrárgljúfur, Islandia

Setelah penggemar mengetahui lokasi syuting Game of Thrones dan video klip Justin Bieber, jumlah kunjungan di Ngarai Fjaðrárgljúfur Canyon di Islandia sangat membludak, mencapai 1 juta pengunjung setiap harinya. Jumlah kunjungan yang tak wajar ini akhirnya jadi masalah dan ditutup. Menurut Associated Press, wisata ini harus ditutup dengan alasan pengunjung menyebabkan kerusakan wisata Canyon. 

Lokasi wisata yang rusak karena wisatawan (provoke-online.com)