Apa Ini yang Disebut 'Bencana Terenak' di Dunia? Gegara Makanan dan Minuman Nih~

Apa ini yang disebut 'bencana terenak' di dunia? Penyebabnya gegara makanan dan minuman nih.

Namanya bencana mah gak ada yang tau kapan datangnya. Kita gak bisa menolak atau mengelak kalo udah terjadi.

Namun, ada nih kisah beberapa bencana terenak di dunia. Kok enak sih? Ya ini bencana, dan tetep aja gak enak kalo terkena dampaknya.

Penyebabnya adalah makanan dan minuman. Gimana gak enak coba tuh? Ya tetep gak enak juga. Jadi, apa ini yang disebut bencana terenak di dunia? Simak kisah-kisahnya.

Gara-gara bir

Pada 17 Oktober 1814 pernah terjadi sebuah bencana mengerikan gengs. Bencana itu mungkin terdengar 'enak' buat para penggemarnya ....

Jadi ceritanya, tempat penampungan bir milik pabrik Meux and Co. Brewery di London, Inggris, meledak! Ledakan itu terjadi karena kerusakan pada penahan gelang logam di pabrik itu.

Akibatnya, sebanyak 1,47 juta bir meluap. Semua bir itu keluar dari tempat penyimpanan dan mengalir deras keluar pabrik. Kayak tsunami gitu gengs.

'Tsunami' gegara bir itu bahkan bisa merobohkan dinding pabrik dan menerjang jalan raya. Uniknya, bukannya pada kabur, orang-orang justru sempat berkumpul demi ngerasain minum bir sepuasnya.

Kejadian itu bikin penduduk setempat mengalami kerugian besar. Rumah-rumah di sekitar lokasi kejadian pada ambruk dan tujuh orang dikabarkan tewas akibat bencana 'tsunami' bir itu.

Bencana yang disebabkan oleh bir tumpah~ (freepik.com)

Gara-gara keju

Tahun 2013 lalu, ada bencana yang terjadi gara-gara keju gengs. Kok bisa? Ya jelas bisa lah, ini bermula dari sebuah truk pengangut keju yang masuk ke sebuah terowongan di Tysfjord, Norwegia utara.

Setelah masuk terowongan dan berjalan gak begitu jauh, si sopir truk menyadari ada sesuatu yang menyala di belakang truknya. Ternyata itu adalah api yang mulai membakar truknya.

Api itu kian membesar dan menimbulkan gas beracun yang mulai menyebar di terowongan panjang itu. Hal ini terjadi karena kandungan gula dan lemak dalam keju yang diangkut truk itu. Api juga bisa berkobar besar karena keju doang.

Si sopir truk segera lari dari terowongan demi menghindari gas beracun. Kebakaran pun baru bisa ditangani petugas pemadam kebakaran setelah gasnya benar-benar menghilang. Terowongan itu pun sempat ditutup seminggu setelah kejadian demi menghindari hal yang tak diinginkan.

Truk pengangkut keju di Norwegia kebakaran (insider.com)

Gara-gara wiski

Tahun 1960 lalu, ada bencana yang terjadi di Skotlandia. Bencana ini disebabkan oleh kebakaran di sebuah gudang wiski. Di dalam gudang itu terdapat 3,8 juta liter wiski dan 117 ribu liter rum.

Kebakaran itu terjadi dengan cepat karena wiski adalah minuman beralkohol yang konon bisa dilihat kualitasnya jika kita siramkan ke api yang menyala.

Api dari kebakaran itu dengan cepat membesar menghabiskan semua minuman beralkohol yang super banyak itu. Apinya pun berubah jadi biru dan melahap semua gudang penyimpanan itu. Apinya juga keliatan di seantero Kota Glasgow.

400 petugas pemadam dikerahkan. Setelah itu, kebakaran hebat itu disebut kebakaran yang paling hebat yang pernah terjadi di Inggris Raya setelah Perang Dunia II.

Kebakaran besar itu juga dilaporkan menghanguskan pabrik rokok di sebelahnya dan bangunan di sekitarnya. Api pun baru berhasil dipadamkan seminggun kemudian! Sebanyak 19 pemadam kebakaran pun tewas akibat insiden itu.

Gara-gara wiski aja bisa sampe kebakaran hebat begitu ya (glasgowlive.co.uk)

Gara-gara gula

Tahun 1919 silam, ada sebuah bencana yang mengerikan juga yang disebankan oleh gula. Tangki penyimpanan gula milik Purity Distilling Company meledak! Tangki itu diduga meledak secara alamiah karena suhu lingkungan kala itu lebih panas dari biasanya.

Tangki penyimpanan gula mengalami pemuaian. Tangki itu meledak dan sebanyak 8,7 juta liter gula meluap menggenangi pabrik dan kawasan sekitarnya. Banjir gula gengs, semut pada pesta tuh pasti!

Sebanyak 21 orang dilaporkan meninggal dunia dan 150 orang lainnya mengalami luka-luka akibat peristiwa itu. Sejumlah bangunan juga dilaporkan rusak berat, bahkan rel kereta api di dekat pabrik ikut rusak.

Parahnya lagi, tekstur gula yang lengket tentunya mengganggu aktivitas penduduk setempat. Bau dari ledakan gula yang tumpah ke mana-mana itu pun masih tercium beberapa bulan kemudian. Manis sih, tapi ini bencana. Duh~

Duh, kebayang gak sih satu wilayah lengket gegara gula? (unsplash.com)

Gara-gara cokelat

Pada Desember 2018 lalu, pabrik cokelat DreiMeister di Westonnen, Jerman, meluapkan cokelatnya. Cokelat cari yang meluap keluar pabrik itu diperkirakan lebih dari 1 ton.

Setelah meluap, cokelat itu kemudian membeku karena saat itu lagi musim dingin. Kayaknya tinggal dimakan aja tuh cokelatnya, hehehe. Gratis lagi.

Beberapa jam setelah kejadian, jalan raya dari dan ke arah pabrik cokelat itu ditutup. Para pekerja pabrik pun membersihkan luapan cokelat itu menggunakan sekop dan obor las.

Inisiden ini gak banyak berdampak sama penduduk sekitar sih, cuma pabriknya rugi banget. Setelah itu, pabrik cokelat itu mengumumkan bahwa persediaan cokelat untuk liburan Natal dan Tahun Baru di sana masih ada. Unik juga nih bencananya.

Jadi, mau disebabkan oleh apa pun, namanya bencana tetep aja bikin gak enak gengs. Kerugian fisik, material, hingga finansial gegara makanan bikin gondok emang.

Cokelat 1 ton tumpah ruah ke jalanan (theguardian.com)