5 Wilayah dan Kerajaan Gaib yang Ternyata Bertempat di Indonesia

Awas! Jangan sampai kalian kesasar dan masuk ke tempat ini. Karena dipercaya wilayah tersebut adalah kerajaan gaib di Indonesia.

Dunia ini kabarnya tidak hanya dihuni manusia saja. Ada beberapa makhluk lain yang membuat kita harus berbagi wilayah hidup dengan mereka. Sejumlah tempat tersebut juga tersebar di Indonesia. Mau tahu di mana saja kerajaan gaib yang ada di wilayah kita ini gengs?

1. Seranjana

Masyarakat Kalimantan Selatan percaya bahwa ada kampung yang sangat modern, penuh gedung tinggi, di wilayah mereka. Selain modern, Kota Seranjana juga memiliki tanah yang subur dan penduduknya digambarkan rupawan.

Meski sangat menggoda untuk dikunjungi, warga Kalsel yakin kalau ada orang yang masuk ke kota ini, ia tidak akan pernah bisa keluar. 

Misteri kota Seranjana bahkan tidak hanya menjadi buah bibir saja. Pada tahun 1845 kota ini sempat digambarkan keberadaannya lewat sebuah peta yang dibuat oleh Salomon Muller. 

Pernah juga ada cerita aneh pada tahun 1980-an. Saat itu pemerintah setempat dikirimi banyak alat berat dari Jakarta dan alat ini sudah dibayar lunas oleh seseorang dengan alamat di Seranjana.

Kerajaan gaib yang ada di Indonesia (nadiyawulanf.blogspot.com)

2. Padang 12

Selain Seranjana, Pulau Kalimantan juga punya wilayah yang misterius bernama Padang 12. Kali ini bertempat di Ketapang, Kalimantan Barat. Padang 12 adalah tempat tinggal dari sebuah suku gaib yang disebut dengan suku Limun. 

Suku ini dikenal sebagai suku yang kaya raya dan hidup dalam kemewahan. Anggota suku Limun beberapa kali berinteraksi dengan warga sekitar dan membeli bahan makanan di pasar. Mereka menggunakan kunyit sebagai alat tukar dan keesokan harinya kunyit ini akan berubah menjadi emas.

Penamaan Padang 12 karena wilayah tempat ini hanya berukuran 12 kilometer persegi saja. Kampung ini bertempat di sebuah lahan kosong yang dipenuhi pasir dengan dikelilingi pohon pinus yang menjulang tinggi.

Kerajaan gaib yang ada di Indonesia (youtube.com)

3. Kerajaan Laut Selatan

Siapa yang tak pernah mendengar wilayah legendaris bernama Kerajaan Laut Selatan ini. Kerajaan ini sendiri dipimpin oleh tokoh yang tak kalah legendarisnya yaitu, Kanjeng Ratu Kidul.

Kerajaan Kanjeng Ratu Kidul membentang sangat luas, yakni di sepanjang pesisir selatan Pulau Jawa. Mulai dari Pantai Pelabuhan Ratu di Jawa Barat hingga Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. 

Selain Kanjeng Ratu Kidul, dikenal pula satu sosok legendaris lain yang Nyi Roro Kidul. Banyak yang menganggap dua tokoh ini sama, tetapi tak sedikit pula yang menganggap berbeda. Nyi Roro Kidul adalah pengikut setia dari Kanjeng Ratu Kidul.

Banyak mitos yang beredar seputar kerajaan gaib ini dan sampai saat ini masih banyak orang takut menggunakan warna hijau ketika berkunjung ke pantai selatan karena hijau dipercaya sebagai atribut warna dari Nyi Roro Kidul.

Kerajaan gaib yang ada di Indonesia (ceritalegenda.com)

4. Wentira

Wilyah misterius Wentira memiliki cerita ayang hampir mirip dengan Seranjana di Kalimantan Selatan. Bedanya Wentira terletak di daerah kebun kopi di kawasan hutan belantara antara Kota Palu dan Kabupaten Mutong.

Di dalam Wentira juga banyak berdiri bangunan yang megah dan penduduknya pun cakap-cakap. Tetapi pernah ada cerita bahwa salah satu warga yang bertempat tinggal dekat dengan tempat tersebut dikabarkan menghilang tanpa jejak karena menikah dengan pemuda Wentira. 

Terlebih lagi, dipercaya ada 7 panglima perang di kota ini dengan jumlah pasukan yang sangat banyak yang bisa menutupi seluruh laut Indonesia. Lebih menakutkan daripada di film perang ya, geng!. 

Kerajaan gaib yang ada di Indonesia (phinemo.com)

5. Kota Misterius Makam Kemangi

Wilayah misterius terakhir adalah sebuah kota yang ternyata adalah areal pemakaman yang namanya Makam Kemangi. Makam tersebut terletak di Kabupaten Kendal, tepatnya di Kecamatan Weleri. 

Konon bagi beberapa orang yang tersesat, Makam Kemangi akan berubah menjadi kota besar yang padat penduduk. Makam ini sendiri memiliki satu ciri khas yakni ditumbuhi pohon Kendal yang amat besar tetapi growong (berlubang) di bagian bawah.

Ada kisah seorang supir dealer mobil yang mengantarkan mobil pesanan dari orang yang telah meninggal sebelumnya dan sempat hilang beberapa waktu. Setelah berhasil ditemukan kembali, supir ini mengatakan bahwa kota gaib tersebut hampir sama keadaannya dengan daerah sekitar tetapi keadaannya lebih enak.

Kerajaan gaib yang ada di Indonesia (ceritakendal.wordpress.com)