24 Februari: Perjanjian Yandaboo Ditandatangani, Simak Fakta-faktanya!

Berikut fakta-fakta tentang perjanjian Yandaboo yang ditandatangani pada 24 Februari.

Taukah kalian sama perjanjian Yandaboo? Ini adalah perjanjian antara Hindia Timur Britania dan Burma. Perjanjian Yandaboo ditandatangani pada 24 Februari 1926. 

Dengan adanya perjanjian ini, Perang Burma Pertama sudah berakhir. Berdasarkan isi perjanjian, Britania ambil jajahan bekas kerajaan Arakan dan bekas wilayah Siam di Ye, Tavoy dan Mergui.

Kemudian, ada hukuman secara finansial untuk kerajaan Burma pada perjanjian ini. Burma kudu menerima hadirnya Britania di ibu kota mereka.

Perjanjian Yandaboo mengharuskan Burma untuk menyerahkan British Assam, Manipur, Rakhine (Arakan), dan Taninthayi (Tenasserim) pantai di selatan Sungai Salween; menghentikan British Assam, Manipur, Rakhine (Arakan), dan Taninthayi (Tenasserim) pantai di selatan Sungai Salween; membayar ganti rugi satu juta pound sterling dalam empat kali cicilan; mengijinkan pertukaran perwakilan diplomatik antara Ava dan Calcutta; serta menandatangani perjanjian komersial pada waktunya.

Perjanjian Yandaboo (wikimedia.org)

Perjanjian ini pun mengakhiri perang besar. Sekitar 15 ribu orang Eropa dan India meninggal dalam perang. Jumlah itu termasuk orang-orang Burma yang nggak diketahui secara pasti jumlahnya, namun cukup banyak.

Perjanjian Yandaboo (lostfootsteps.org)

Ini jadi awal dari berakhirnya kemerdekaan Burma. Burma dihancurkan selama bertahun-tahun dengan membayar ganti rugi sebesar satu juta pound atau 5 juta dollar. Ini jumlah uang yang besar waktu itu. Inggris pun akan melakukan 2 perang lagi lawan Burma yang jauh lebih lemah dan menelan seluruh negeri tersebut di tahun 1885. 

Perjanjian Yandaboo ditandangani oleh Gen. Campbell dari Inggris dan Maha Min Hla Kyaw Htin dari Burma pada 24 Februari 1826. Burma membayar 250 pounsterling emas dan perak sebagai cicilan pertama ganti rugi. Selain itu, tawanan perang Inggris juga dibebaskan.

Itulah fakta-fakta tentang perjanjian Yandaboo. Gimana menurut kalian?

Sejarah Burma (frontiermyanmar.net)