Jalani Operasi, Perempuan Ini Tetep Main Biola Biar Kemampuan Musiknya Gak Hilang

Jalani operasi, perempuan ini tetep main biola dong biar kemampuan musiknya gak hilang. Totalitas~

Gengs ... pemain biola yang satu ini totalitas banget deh. Jadi, orang ini emang pemain biola profesional. Tapi dia juga adalah seorang pasien tumor otak.

Dia adalah seorang perempuan berusia 53 tahun. Dia diketahui punya tumor otak di dalam lobus frontal kanannya. Kemudian, dia pun memutuskan untuk menjalani operasi demi mengangkat tumor otak di kepalanya.

Dikutip dari CNN, perempuan itu diketahui bernama Dagmar Turner. Dia memiliki tumor yang terletak di area otak yang bertugas untuk melakukan koordinasi gerakan halus di tangan kirinya.

Fungsi dari area-area otak itu sangat penting untuk memainkan biola. Ya, sebagaimana otak secara keseluruhan juga sangat penting buat kehidupan kita. Masalahnya, tumor itu sangat dekat.

Turner sendiri mengaku bahwa passion-nya adalah bermain musik, terutama biola.

“Bermain biola adalah passion-ku. Aku sudah bermain sejak berumur 10 tahun," kata Turner. "Berpikir akan kehilangan kemampuan ini sangat menyakitkan bagiku," lanjutnya.

Ilustrasi, main biola (shutterstock.com)

Makanya, Dr. Keyoumars Ashkan, ahli bedah saraf dari King's College Hospital, London memberikan solusi kreatif. Sang dokter menyarankan Turner tetap memainkan biola selama operasi berlangsung.

Hal ini bertujuan untuk memastikan agar kemampuan musiknya gak rusak setelah operasi. Sang dokter juga mengatakan bahwa hal ini adalah yang pertama kali dilakukan setelah melakukan ratusan kali operasi pengangkatan tumor.

Dagmar Turner main biola saat dioperasi (allthatsinteresting.com)

“Kami melakukan sekitar 400 reseksi (pengangkatan tumor) setiap tahun, yang sering melibatkan pasien yang bersemangat untuk melakukan tes bahasa, tapi ini adalah pertama kalinya aku punya pasien yang memainkan instrumen,” kata sang dokter.

Sebelum operasi dimulai, Turner sempat menghabiskan waktu selama dua jam untuk memetakan otak. Ya, hal ini bertujuan untuk mencari tau daerah di otak yang aktif memainkan biola.

Solusi kreatif sang dokter pun berjalan. Dagmar Turner tetap main biola ketika tim dokter mengangkat tumor dari otaknya. Tim dokter pun berhasil mengangkat lebih dari 90 persen tumor tanpa merusak kemampuan motorik halusnya.

Tiga hari setelah operasi pengangkatan tumor dari kepalanya, Dagmar Turner pun kembali ke rumah dan berkumpul bersama suami dan anaknya.

Setelah operasi itu, Dagmar Turner juga berharap bisa kembali dengan kelompok orkestranya. Dagmar Turner tergabung dengan kelompok orkestra Isle of Wight Symphony Orchestra.

Ya, inilah sebuah totalitas tanpa batas, tetep main biola meski sedang berusaha melewati masa-masa sulitnya.

Dagmar Turner (mirror.co.uk)