7 Novel Kocak Indonesia yang Bikin Woles Dikit Sama Hidup

Kamu yang doyan baca, mulai tularin temen kamu yang nggak doyan baca. Biar nggak ketinggalan bahan lawakan.

Kalo kamu ngaku terpelajar, harusnya kamu tau ungkapan "buku adalah jendela dunia". Jadi dengan membaca buku bukan cuma bikin kamu jadi tambah pinter, tapi wawasan kamu juga ikut meluas seiring buku yang kamu baca. Buku juga bisa ikut mempengaruhi cara pandangmu terhadap segala hal.

Buat kamu yang gemar banget membaca, novel misalnya, novel apa aja sih yang udah khatam kamu baca sejauh ini? Kalo emang kamu ngerasa pengen mulai membiasakan diri membaca novel, kamu bisa mulai dari membaca novel-novel kocak yang populer. Simak aja daftarnya berikut.

1. Manusia Setengah Salmon, Raditya Dika

Ini novel keenam karya mantan presiden jomblo Indonesia Raditya Dika. Novel ini pertama terbit tahun 2011 dan bercerita tentang pengalaman pribadinya yang putus cinta bertubi-tubi. Buat yang belom tau, baca sendiri ya, nanti dibilang spoiler lagi. Nggak tebel kok, 200-an halaman doang.

bukukita.com

2. Skripsick, Chara Perdana

Judul lengkapnya Skripsick: Derita Mahasiswa Abadi. Novel ini bercerita seputar kehidupan mahasiswa tingkat akhir yang galau karena nggak kelar-kelar ngerjain skripsinya. Semua ceritanya dikemas dengan kocak dan jaminan ketawa ngakak. Novel ini terbit tahun 2014 dan tebelnya cuman 100-an halaman.

twitter

3. Bajak Laut & Purnama Terakhir, Aditya Purnama

Novel ini sebenernya jenius juga. Jelas ini bukan sembarang novel karena ada pengetahuan tentang sejarahnya juga di sana. Setting yang digunakan oleh Aditya Mulya ini menarik, sekitar abad 17 atau 18 Masehi. Tapi di baliknya, cerita-ceritanya bikin ngakak karena kocak banget. Terbitnya tahun 2016 lalu dan punya tebal sekitar 300-an halaman. Asik lah pokoknya.

twitter

4. Three Mas Getir, Furqonie Akbar

Kalo sebelumnya cerita tentang mahasiswa, novel ini juga mengangkat tema serupa. Tapi yang ngebedain adalah kisah cinta dan dunia perkuliahan dari tiga tokoh di dalamnya. Seru banget, masukin ke daftar novel yang harus kamu baca juga ya. Novel ini terbit pertama pada 2016 lalu. Nggak tebel, cuma hampir 200-an halaman aja.

bukukita.com

5. Ngenest, Ernest Prakasa

Judul lengkapnya Ngenest: Ngetawain Hidup Ala Ernest. Terbit pada 2014 lalu dan berisi tentang cerita pendek. Ya jadi kaya materi-materi standup comedy-nya dia sih. Makanya masuk ke dalam daftar novel-novel kocak yang perlu dibaca.

id.carousell.com

6. The Freaky Teppy, Stephany Josephine

Tawa adalah keseharian yang kembali diceritakan oleh penulisnya sendiri dalam novel ini. Nggak cuma tawa, ternyata si penulis bisa luka juga. Isinya juga curhatan-curhatan dia yang tinggal di pinggiran ibu kota. Penuh dinamika, kocak, dan menghibur. Terbit tahun 2013 lalu dan asik banget dengan 170-an halaman.

thefreakyteppy.com

7. Mukidi, Soetandyo Moechlas

Kamu yang ngerasa 'anak pergerakan', baca deh novel ini. Biar kamu nggak cuma gerak doang tapi imbangin dengan tulisan-tulisan kocak yang berkisah tentang si Mukidi yang gemar menyikapi setiap laku hidup dengan cuek dan humoris. Ceritanya juga asik karena banyak menyoroti problema dan potret kehidupan masyarakat. Terbit tahun 2016 lalu dan masih asik dibaca sampe sekarang.


Hmm, apalagi ya? Ya baru itu dulu sih. Kalo ada rekomendasi novel kocak lainnya kasih tau kita ya. Komentar dan kasih reaksi kamu juga di bawah. Oke.

bukukita.com