Negara Kepulauan dengan Daya Tarik Wisata yang Unik

Berikut ini adalah beberapa negara kepulauan yang memiliki daya tarik wisata yang berbeda dengan biasanya. Mereka begitu unik hingga layak untuk segera dikunjungi.

Negara yang tidak melekat pada benua utama disebut dengan negara kepulauan. Biasanya mereka memiliki daya tarik wisata yang besar karena memiliki pantai dan laut yang indah. Beruntungnya sejumlah negara di bawah ini juga mempunyai daya tarik lain yang unik untuk dinikmati selain pemandangannya yang indah.

1. Indonesia

Tidak salah meletakkan negeri tercinta kita ini ke dalam daftar negara kepulauan dengan daya tarik wisata yang unik. Tak hanya kita kita negara kepuluan terbesar di dunia dengan luas wilayah 1.904.569 km2, setiap pulau memiliki kekayaan wisata yang berbeda. Entah itu dari keindahan alam, kekayaan budaya, serta pengalaman berlibur yang unik di masing-masing pulau. Sudah ke pulau apa saja di Indonesia?

Negara kepulauan dengan daya tarik wisata yang unik (worldtravelguide.net)

2. Madagaskar

Meskipun luas Madagaskar hanya berkisar 587.041 km2, keanekaragam satwa hayati Madagaskar tak tertandingi negara lain. Faktanya sekitar 80% di antara satwa dan tanaman dunia ternyata ada di daratan Madagaskar. Tak hanya itu, Madagaskar juga memiliki hutan dan pantai yang indah. Hal ini tak mengherankan mengingat Madagaskar merupakan negara kepulauan yang unik dan cantik. Negara ini menarik baik bagi para peneliti atau wisatawan manca negara.

Negara kepulauan dengan daya tarik wisata yang unik (ggsa.info)

3. Jepang

Tidak selamanya berbicara tentang wisata negara kepulauan itu soal pantai dan laut. Bagaimanapun Jepang adalah negara kepulauan yang bisa dilang memiliki daya tarik wisata yang unik. Letak geografis Negara Jepang yang membujur dari selatan ke utara, membuat wilayah di Jepang memiliki iklim yang berbeda. Jepang selatan cenderung subtropis, sedangkan wilayah utara memiliki iklim subartik. Maka dari itu negara kepulauan dengan luas wilayah 377.915 km2 tersebut cocok dinobatkan salah satu negara kepulauan terunik di dunia.

Negara kepulauan dengan daya tarik wisata yang unik (marketwatch.com)

4. Selandia Baru

Wilayah dengan luas sekitar 267.710 km2 ini memiliki garis pantai sepanjang 15.134 km. Negara indah yang terletak dekat Australia ini bahkan memiliki fenomena unik yang dapat memukau pengunjung di sana, contohnya seperti pergerakan gletser pada pesisir selatan dan vulkanik aktif di pesisir utara. Tak heran keunikan wilayah Selandia Baru ini menarik pembuat film The Hobbit untuk mengambil gambar di sana.

Negara kepulauan dengan daya tarik wisata yang unik (mansionglobal.com)

5. Inggris

Negara Inggris juga tergolong sebagai negara kepulauan. Dan negara ini memiliki sejumlah tempat wisata yang unik untuk dikunjungi. Sebut saja seperti destinasi Lake District, Stonehenge, Tower of London, dan berbagai destinasi menarik lainnya yang terdapat di Britania Raya ini. Dengan luas wilayah kepulauan sekitar 246.610 km2, Inggris memang pantas disebut sebagai salah satu negara kepulauan terindah di dunia. 

Negara kepulauan dengan daya tarik wisata yang unik (visitbritain.com)