Dengerin Musik Bisa Bikin Tetap Sehat? Ini Lho Rahasianya

Peran musik buat kesehatan memang nggak bisa diremehkan. Begini penjelasannya.

Kapan biasanya dengerin musik? Pas lagi bad mood. Pas lagi olahraga. Pas lagi nongkrong di kafe. Lagi belajar. Lagi kerja. Kapan pun. Begini cara musik membuat kita jadi lebih sehat.

1. Istirahat berkualitas

Berdasarkan penelitian, dikutip dari Time, musik membantu kita tidur lebih baik. Membuat lebih rileks dan bisa pulas tidur. Musik yang santai berdasarkan studi tahun 2005. Dapat menenangkan dan dapat menggiring kualitas tidur lebih baik. Dalam batasan usia dewasa hingga tua. Musik klasik juga bisa jadi pilihan.

Jadi, berapapun usia kita. Menyatu dengan musik bisa mendapatkan istirahat berkualitas. 

Source: Fightbrain.

2. Intensitas latihan meningkat saat menyesuaikan beat

Ketukan musik jika diselaraskan dengan langkah berlari. Akan meningkatkan daya tahan 10 sampai 15 persen. Jadi kalo mau lari dengan jogging track lebih panjang. Sambil dengerin musik aja. 

Artinya, bisalah dengerin Daft Punk sambil jogging. Sesuaikan dengan beatnya. Dan, motivasi akan lebih besar. 

Source: Paragon-hf.

3. Kalahkan stres dengan musik santai

Studi yang diterbitkan dalam Trends in Cognitive Sciences tahun 2013. Menunjukkan bahwa mendengarkan musik dapat mengurangi tingkat stres. 

Musik santai dengan tempo yang lambat, nada mayor dan tanpa lirik. Terbukti mengurangi stres dan kecemasan. Jadi, kalo ngerasa nggak tenang. Coba dengerin jazz yang lembut. Ini mungkin menghentikan pikiran yang lari kemana-mana. 

Source: Feedfad.

4. Musik menenangkan syaraf sebelum operasi

Beberapa dokter ahli sudah menggunakan musik sebagai treatment. Pasien ditenangkan sarafnya dengan musik. Artinya, nggak hanya orang sehat yang sarafnya bisa ditenangkan. Yang mau operasi pun bisa calm down dengan musik.

Source:Zeenews.india.

5. Bayi tenang dengan musik

Inget nggak, sebelum bobok dinyanyiin lagu 'Nina Bobok'. Penelitian dalam jurnal Pediatrics tahun 2013 menunjukkan, musik live meningkatkan kesehatan bayi prematur. Fungsi jantung dan paru-paru dimaksimalkan lewat gelombang suara. 

Selain itu, bisa meningkatkan ikatan batin juga. Bayi tenang dan orang tua nggak stres. Apa aja ya lagu buat bayi dan anak-anak? Mm.."Twinkle twinkle Little Star" juga bisa dinyanyiin.

Source: Parenting.

6. Ketrampilan sosial berkembang

Musik dapat mengembangkan hubungan sosial. Makanya, disekolah-sekolah sering ada momen nyanyi bersama di halaman. Atau bahkan ada mata pelajaran tambahan musik. Kalo yang udah kuliah mah, karaoke sama sohib ya. 

7. Kesehatan jantung terjaga dengan berdendang

Ikut paduan suara jadi pilihan. Peneliti dari Swedia menetapkan bahwa seketika saat orang nyanyi bersama, detak jantung mereka benar-benar sinkron. 

Pada dasarnya saat nyanyi bareng mengirimkan 'gelombang santai'. Efeknya mirip dengan yoga yang sama-sama bermanfaat untuk kardiovaskular.

Source: Pikabu.ru

8. Dengerin lagu favorit gimana?

Penyakit korener arteri membaik. Penelitian yang dipresentasikan pada tahun 2013 di Kongres European Society of Cardiology menemukan bahwa para pasien membaik. Jadi, masih nggak suka dengerin musik?

Dari sekian manfaatnya. Musik bisa jadi penyangga kehidupan sehat kita. Pilih playlist musik yang sesuai. Dan dapatkan manfaatnya.   

Source: Help.spotifybusiness.soundtrackyourbrand.