Pertolongan Pertama Saat Digigit Ular Kobra: Lagi Viral Video Orang Digigit Kobra dan Mati, Jadi Kamu Kudu Tahu Caranya

Sedang viral nih video orang digigit ular, tapi tenang, ada nih pertolongan pertama saat digigit ular kobra untuk jaga-jaga kalau terjadi disekitar kita.

Blakangan ini sedang viral tentang video di media sosial yang memperlihatkan seorang pria paruh baya sedang bermain dengan ular jenis king kobra.

Dari postingan akun Instagram @ndorobeii, tampak pria yang hanya memaki celana pendek tanpa mengenakan baju itu berkali-kali dipatok kobra yang ukurannya cukup besar. Namun, pria itu hanya tertawa sambil memukul-mukul kepala ular tersebut.

Namun, pada video berikutnya, tampak pria itu berada di dalam sebuah ruangan dalam kondisi lemas. Saat dikonfirmasi, Kapolsek Toho Iptu Dede Hasanudin mengatakan, peristiwa itu terjadi di Dusun 1 RT 002 R W001 Desa Pak Utan, Kecamatan Toho, Kabupaten Mempawah, Sabtu (25/1/2020).

ada saat atraksi itu, kobra menggigit tangan sebelah kanan dan kening Norjani. Setelah digigit, atraksi dihentikan dan Norjani dilarikan ke klinik. Namun, nyawanya tidak dapat diselamatkan. Berikut videonya;

Nah kan ngeri kan kalau itu terjadi disekitar kita? Bisa mengakibatkan nyawa hilang seperti itu. Nah daripada begitu sebenarnya bisa kok dicegah dengan beberapa cara berikut. Berikut pertolongan pertama saat digigit ular kobra.

Pertolongan pertama saat digigit ular kobra

Batasi Gerakan pada Area Gigitan Ular

Pertolongan pertama saat terkena gigitan ular kobra ya dengan  membersihkan lukanya dengan sabun dan air mengalir, lalu balut dengan kain atau perban yang kering dan bersih.

Usahakan jangan banyak bergerak karena dengan bergerak racun akan lebih mudah tersebar keseluruh penjuru darah di tubuh.

Memastikan Area Gigitan Berada di Bawah Level Jantung

Pertolongan pertama saat terkena gigitan ular kobra selanjutnya dengan memastikan area gigitan ada di bawah level jantung. Misalnya, apabila korban digigit di tangan, maka pastikan tangan tidak diangkat lebih tinggi ataupun sejajar dengan posisi jantung.

Jangan Mengikat Area Gigitan Ular

Pertolongan pertama selanjutnya dengan menghindari penggunaan alat laju henti darah atau torniket atau mengikat area tempat gigitan ular.

“Pengikatan sering kali tidak tepat sasaran dan justru mematikan seluruh jaringan di bawah ikatan yang terlalu kuat, membuat aliran darah berhenti total. Kematian jaringan secara total bisa berujung pada amputasi,”. Waduh ngeri kali kan.

Jangan Menekan Bekas Gigitan

Hindari untuk menekan area gigitan dengan kompres dingin, atau berusaha memotong bekas gigitan dengan benda tajam seperti pisau. Mengisap racun secara langsung lewat mulut juga dilarang.

Lepaskan Aksesori dan Pakaian Ketat

Apabila korban mengenakan perhiasan seperti kalung, gelang, cincin, atau pakaian yang ketat, maka segera lepaskan. Hal ini dikarenakan area gigitan memungkinkan untuk membengkak.

Ular Cobra (Head Topics)

Jangan Memberikan Korban Apapun Lewat Mulut

Pertolongan pertama saat digigit ular kobra selanjutnya jangan memberikan apapun pada korban lwat mulutnya. Pasalnya ini berpotensi membuat korban tersedak apabila kehilangan kesadaran, terutama minuman seperti kopi atau alkohol.

Segera lariken kerumah sakit

Langkah yang jelas-jelas wajib dilakukan saat ada korban yang tergigit ular kobra ya dengan melarikannya ke rumah sakit agar dia segera ditangani secara medis dan baik.

Nah jadi itulah beberapa langkah dalam pertolongan pertama saat digigit ular kobra. Jadi saat ada yang tergigit disekitarmu jangan panik segera lakukan cara-cara di atas yah. Semoga beruntung.

Ular Cobra (Qupas)