Mengenal Kota Surat, Kota Smart Metropolis di Jantung Gujarat India

Wilayah Gujarat di India memiliki satu kota metropolis yang wajib untuk dikunjungi. Kota bernama Surat memiliki banyak keunikan tersendiri.

India memiliki sejumlah kota besar yang terkenal di dunia. Seperti New Delhi, Mumbai, Haiderabad, Bangalore, atau Kalkuta. Tetapi sangat jarang yang mengenal kota bernama Surat, meski kota tersebut tergolong kota metropolis.

Yang mengherankan adalah Kota Surat merupakan salah satu kota penting di wilayah Gujarat. Bagi yang dulu sempat belajar sejarah di SMA, pasti kerap mendengar wilayah tersebut. Kerajaan-kerajaan Nusantara kerap berhubungan dagang dengan gujarat.

Makanya kalau kalian nggak mengenal Kota Surat kok rasanya aneh. Padahal bisa saja moyang kita lebih tahu tentang mereka dan mungkin pernah mengunjunginya. Kalau begitu mari mengenal Kota Surat, apa saja yang istimewa di sana.

1. Kota Surat masuk dalam daftar smart city di India

Karena hal tersebut, tingkat pengangguran di kota Surat rendah bahkan hampir mendekati angka nol persen. Dibandingkan dengan kota lainnya, kota Surat juga memiliki pendapatan per kapita tertinggi di Gujarat. Bak Singapore, setiap sudut jalanan kota Surat dilengkapi dengan kamera CCTV yang digunakan sebagai pemantau lalu lintas, dan juga untuk meningkatkan keamanan.

Mengenal Kota Surat, pusat wilayah Gujarat India (buddybits.com)

2. Asal muasal berlian di seluruh dunia

Selama ini kita mengenal Kota Antwerp di Belgia sebagai pusat berlian dunia. Baru setelah itu ada kota Chicago, Amsterdam, Hongkong, London, hingga Tokyo. Tetapi tak banyak yang tahu, justru 90 persen berlian tersebut dipotong dan dipoles di Surat terlebih dahulu sebelum dibawa ke masing-masing kota di atas.

Mengenal Kota Surat, pusat wilayah Gujarat India (scoopwhoop.com)

3. Punya banyak objek wisata

Kota Surat juga merupakan tanah bersejarah. Tak heran ketika melancong ke kota ini, kalian dapat temukan objek wisata bersejarah yang telah berdiri sejak ratusan hingga ribuan tahun lamanya. Taman hiburan bertema juga ada kok di sini! Objek wisata modern juga melengkapi kota pintar ini yang membuat liburan kalian menjadi kian seru dan tidak membosankan.

Mengenal Kota Surat, pusat wilayah Gujarat India (treebo.com)

4. Raja Food Court, wisata kuliner Kota Surat

Berkunjung di sebuah wilayah, kurang rasanya kalau belum wisata kuliner. Dan di Kota Surat kalian dapat menikmatinya di Raja Food Court. Lokasinya berada di Ghod Dod Road. Raja Food Court ini semacam pujasera. Di dalamya terdapat kurang lebih 50 stand makanan dan minuman berdiri di sini. Usai kulineran di Raja Food Court, kalian juga bisa shopping di sekitar Ghod Dod Road karena memang jalalan ini adalah pusat komersil, entertainment, dan bisnis di kota Surat.

Mengenal Kota Surat, pusat wilayah Gujarat India (justdial.com)

5. Belanja di Old Bombay Market

Cari oleh-oleh atau sekadar ingin berbelanja, Old Bombay Market adalah tempat yang tepat. Karena kota Surat terkenal pula sebagai penghasil tekstil terbaik di India, masyarakat dari dalam maupun luar kota banyak yang membeli kain hingga pakaian di pasar ini untuk dijual kembali. Buka setiap hari Senin-Sabtu mulai pukul 10.00-21.00, Old Bombay Market tidak hanya menjual tekstil saja. Di sini kalian dapat menemukan barang-barang menarik lainnya seperti aksesoris, tas, hingga dapat pula kulineran.

Mengenal Kota Surat, pusat wilayah Gujarat India (youtube.com)