Olahraga Ini Bisa Kamu Lakukan Di Rumah Biar Badan Ideal, Cuma 10 Menit!

Olahraga mudah ini bisa kamu lakukan di rumah. Meski mudah kalau rutin bisa bikin badan tetap ideal loh. Coba deh.

Manfaat olahraga yang bagus banget buat tubuh dan kesehatan udah diketahui banyak orang. Tahu lah orang-orang tuh, termasuk kamu. Tapi belum tentu dikerjain juga.

Banyak deh alasannya, karena gak punya waktu, nanti aja dan seabrek alasan lain. Padahal ya karena males aja.

Udah males olahraga pengen badan ideal. Akhirnya diet ketat dan mengurangi porsi makan. Bukannya ideal malah sakit karena kurang gizi. Lah, malah serem kan gengs. Daripada kamu berakhir dengan masalah kesehatan, mending lakukan olahraga berikut ini. Bisa kamu lakukan di rumah dan mudah.

Dikutip dari Glamour.com, berikut olahraga mudah yang bisa kamu lakukan di rumah. Biar badan tetap ideal. Saran ini diberikan oleh Pete McCall, ahli fisiologi olahraga berbasis di San Diego dan pelatih pribadi bersertifikat ACE.

Dia untuk merancang latihan yang dapat Anda lakukan dalam waktu sekitar 10 menit, di mana saja, tanpa peralatan. Lakukan setiap gerakan di sini sebanyak yang Anda bisa dalam 60 detik (gunakan timer jika Anda perlu). Istirahat 30 detik, lalu lakukan langkah selanjutnya.

1. Squat

Mulailah dengan satu menit squat. Berdiri dengan kaki selebar pinggul, tekuk lutut 90 derajat, dorong pantat ke belakang. Berdiri dan ulangi, selama 60 detik.

Gerakan ini cocok buat kamu yang banyak duduk sepanjang hari. 

Olahraga di rumah Squat (self.com)

2. Side Lunges

Mulailah dengan berdiri dengan kaki selebar pinggul, siku ditekuk, tangan setinggi dada. Lalu langkahkan kaki kananmu beberapa kaki ke samping dan tekuk lutut kanan 90 derajat. Lanjutkan, bergantian kaki dengan pengulangan, selama 60 detik.

Olahraga di rumah Side Lunges (glamour.com)

3. Triceps Push-Up

Turunkan tubuh ke lantai seperti pada gambar. Posisikan tangan langsung di bawah bahu lalu angkat kedua kaki dan silangkan pergelangan kaki. Kalau posisinya udah nyaman lakukan push-up dan ulangi selama 60 detik.

Olahraga di rumah Triceps Push-Up (fitnessfoodfashion.com)

4. Plank Up

Mulailah dengan lengan menyentuh lantai, telapak tangan ke bawah, siku di bawah bahu, kaki terentang. Kemudian letakkan tangan kanan di bawah bahu kanan dan dorong ke atas, luruskan lengan.

Ulangi dengan lengan kiri sehingga tubuh kamu membentuk papan yang terangkat. Ulangi, mulai dengan tangan kiri, selama 60 detik.

Olahraga di rumah Plank Up (popsugar.com)

5. Mountain Climber

Mulai dalam posisi push-up yang terangkat, dengan tangan selebar bahu. Tekuk lutut kiri dan bawa ke depan. Gerakkan kaki ke depan dan belakang secara bergantian seperti orang yang sedang mendaki gunung. Lanjutkan, berganti-ganti kaki secepat mungkin, selama 60 detik.

Kalau kamu udah terbiasa dengan latihan ini, kamu bisa menambah waktunya. Dari satu detik menjadi lebih. Juga kalau kamu gak kuat melakukan pengulangan selama satu menit. Bisa 30 detik dulu.

Jangan paksakan diri ya gengs. Pelan asal rutin aja.

Olahraga di rumah Mountain Climber (verywellfit.com)