Punya Ide untuk Masa Depan Cerah? Ini Tips Inovasi Makanan Unik

Masa depan cerah lewat usaha jajanan bukan lagi mimpi. Yuk, intip tips inovasi makanan unik ini.

Tetapkan hati kalo mau buat usaha jajanan. Inovasi makanan unik diperlukan. Biar pembeli tergila-gila dengan usahamu. Butuh sedikit kreatif dan sering pantau yang lagi booming. Ini apa saja yang perlu kamu pertimbangkan.  

1. Kenali yang lagi digemari

Produk snack Chitato punya brand "Life is never flat". Nah, produk ini bisa benget kamu modif dan sedikit inovasi untuk membuat makanan unik. Hasilnya, dunia memang nggak sedatar yang kita kira kok. 

Ada resep Chitato Chicken Pop. Cara buatnya gampang banget. Seperti goreng ayam crispy, tapi diselimuti Chitato. Cake yang terbuat dari Oreo juga mulai populer. Gimana kalo bikin Pie Oreo. Jadi bisa dijual gampang. Kamu juga ngolahnya nggak susah. Bisa juga kamu titip-titipin di kantin-kantin kampus. 

Source: Writing-temptations.

2. Pengolahan mudah atau sekalian dibuat artsy

Pertimbangkan juga apa yang akan kamu olah dengan mudah. Lagi, ketersediaan bahan. Misal, kamu pilih kentang sebagai bahan utama. 

Yang lagi populer banget makanan street food. Modal yang dibutuhkan untuk dijadikan inovasi makanan unik juga nggak besar. Cuma butuh tekun dan kreatif memasarkan.

3. Bahan yang ada setiap musim

Kentang ada disetiap musim. Cabe juga. Makanya inovasi makanan berbahan kentang dan cabe merebak besar-besaran. Ini pertimbangan jangka panjang. Kalo usaha jajananmu dikerumuni pembeli. Kamu nggak bingung nyetok bahannya. 

4. Ingat prinsip ekonomi

Dan, perlu diingat. Prinsipnya, kalo bahan ada sepanjang musim. Pasti harganya lebih stabil. Jadi, kamu lebih gampang manage usaha jajanan yang inovatif ini.

Ada lagi prinsip yang mesti kamu kenali tentang kesukaan pembeli.

5. Manfaatkan tren pola makan sehat

Pengen hidup sehat jadi dambaan setiap orang. Makanya, ini bisa jadi ide usaha jajananmu. Sebenernya, lebih menguntungkan kalo kamu bisa mengenali pasar. Seperti, kamu akan memasarkan inovasi makanan unikmu kemana. Kalo untuk orang yang banyak aktivitas, paling cocok buka usaha katering. Atau, kalo pengen buka store, kamu perlu mempertimbangkan akses tempat usaha jajananmu. 

6. Bikin sesuatu yang beda

Yang beda ini nih yang disebut inovasi. Misalnya, kalo kamu pinter bikin puisi dan pinter baking. Bisa itu dijadikan satu inovasi makanan unik. Pembelimu bisa makan cookies almond hasil baking-mu dan membaca quote yang puitis. Kan? Artinya, ada satu lagi modal yang dibutuhkan.

Source: Goukm.

7. Mengenali kemampuan dan waktu

Coba dihitung jumlah kemampuanmu yang bisa dimanfaatkan untuk buka usaha jajanan. Hitung juga modal uang yang kamu punya. Lalu, kisaran waktu yang kamu pakai untuk membuat makanan unik ini berapa jam dalam sehari. 

Nah, inovasi makanan unik itu bukan susah. Cuman butuh tekun, tahu kepengenan pembeli, tahu seberapa jauh modal yang kamu punya. Udah, itu aja.