Ini Nih, 5 Alasan Kenapa Jalan Kaki Itu Penting Banget untuk Dilakukan!

Gausah manja deh! Langkahkan kakimu segera, karena ternyata jalan kaki bikin sehat jiwa dan raga. Tau kan kenapa? Simak deh.

Kini semua orang memang ingin bergerak lebih cepat. Atas itulah semua tenaga dikerahkan untuk berinovasi agar bisa berpindah lebih cepat dari satu titik ke titik lainnya. Alasan itu pula yang membawa transportasi berkembang lebih jauh dari apa yang manusia bayangkan sebelumnya.

Masyarakat Indonesia sendiri mendukung perkembangan tersebut. Kota-kota kita jadi semakin penuh sesak, tak hanya oleh penduduk, namun juga kendaraan yang dibawanya demi bisa kecepatan. Demikian warga Indonesia jadi lebih terbiasa dengan kecanggihan dan inovasi yang ditawarkan berbagai teknologi transportasi. Baik yang massal maupun yang pribadi. 

Tapi masalahnya, alat transportasi pribadi di negeri ini lebih menjamur dari tahun ke tahunnya. Akibatnya, masyarakat kita jadi lupa akan pentingnya jalan kaki, padahal banyak banget manfaatnya. Simak yuk, kenapa jalan kaki jadi begitu penting dan perlu sekali buat warga kota yang biasa dimanjakan dengan kendaraan pribadinya.

1. Mengurangi Stres

Jalan kaki itu penting karena jelas mampu mengurangi stres lho. Berbagai studi menyebutkan jalan kaki bermanfaat karena melepaskan hormon endorfin. Sebaliknya kebahagiaan justru akan datang menghampiri kita.

learning-mind.com

2. Menurunkan Tekanan Darah

Bukan cuma stres, jalan kaki juga ampuh untuk menurunkan tekanan darah. Belum lagi baik sekali untuk yang berisiko terkena penyakit jantung dan stroke. Tekanan darah menurun dan kolesterol jahat pun pergi. Malah, kita bakal punya tidur yang berkualitas.

3. Menurunkan Berat Badan

Selain jogging dan makan makanan yang sehat, jalan kaki juga dipercaya menurunkan berat badan. Ini olahraga yang murah dan kita bisa lakukan di mana saja. Mulai sekarang, coba deh untuk berjalan kaki sekira 30 menit setiap hari, dan lihat perubahannya.

4. Menekan Keinginan untuk Ngemil

Sebuah temuan baru menyebut bahwa rajin jalan kaki bisa menekan kebiasaan kita yang selalu ingin ngemil. Jalan kaki juga jadi alasan mengapa berat badan kita bisa turun, apalagi kalau kita rutin jalan kaki 10 menit per harinya.

youtube

5. Membantu Move On Lebih Cepat

Buat yang ini bisa diartikan ke banyak hal sih. Jadi gini, kalau kita ada masalah sama pacar, coba ajak jalan kaki bareng deh sambil pelan-pelan selesaikan masalah. Tapi buat yang baru aja ditolak atau abis putus sama pacarnya, jalan kaki bakal sejalan dengan move on yang selama ini rasanya sulit banget untuk dilakukan. Melangkahlah dan cari peluang lain. Coba deh!

shutterstock.com