Rahasia Perbedaan Masakan Rumah Makan Padang yang Asli di Sumatra Barat

Rumah makan Padang yang asli di Sumatra Barat memiliki beberapa rahasia yang membedakannya dengan di daerah rantau. Hayo apakah kalian bisa menyebutan perbedaanya gengs?

Penggemar berat nasi Padang seharusnya tahu kalau ada perbedaan antara yang original di Sumatra Barat sana sama yang sudah berada di daerah rantau. Bisa nggak gengs kalian sebutin salah satu perbedaanya? Kalau enggak cek daftarnya di bawah ini?

1. Nasi

Perbedaan paling umum dimulai dari yang pokok, yaitu nasi. Di daerah asalnya sana, nasi yang enak itu yang nggak lengket atau mudah tercerai-berai. Sedangkan yang sudah berdiaspora ke Pulau Jawa pada umumnya mengikuti selera pasar, yaitu yang pulen gengs.

Rahasia perbedaan masakan Padang yang asli (hellosehat.com)

2. Cabai

Percsaya nggak kalau setiap daerah di Indonesia itu punya varietas cabai masing-masing. Nah kalau kalian dari Sumatra Barat, mungkin kalian tahu ada jenis cabai yang tidak dapat ditemukan di daerah lain. Cabai ini mirip dengan cabai hijau dan beberapa pemilik rumah makan Padang di luar Sumatra Barat kadang ada yang rela mengimpornya meski harganya jadi mahal. 

Rahasia perbedaan masakan Padang yang asli (palapanews.com)

3. Tingkat Kepedasan

Sekali lagi ini adalah imbas dari mengikuti kebiasaan mulut orang di luar Sumatra Barat. Kalau konsumen nasi padang asli, pasti merasa kalau masakan yang dibeli tidak pedas sama sekali. Masakan dianggap semakin enak jika semakin pedas gengs.

Rahasia perbedaan masakan Padang yang asli (rare.us)

4. Lauk Ayam

Lauk ayam kerap wajib sebagai alternatif rendang. Hanya saja cara memasak lauk ayam nasi padang asli di Sumatra Barat berbeda dibandingkan daerah lain mulai dari fisiknya. Biasanya kulit ayam masih menempel pada daging yang sudah dipotong itu. Tetapi kalau di Sumatra Barat, ayam yang dimasak tidak lagi menyertai kulitnya. Bagi orang Sumatra Barat, perbedaan ini biasanya bisa dikenali dengan mudah.

Rahasia perbedaan masakan Padang yang asli (finecooking.com)

5. Gulai

Perbedaan yang terakhir agak susah dibedakan tetapi bagi orang Sumatra Barat asli biasanya cepat tahu. Yakni terkait kekentalan kuah gulai. Di asalnya sana, kuah gulai dibuat sangat kental karena dipengaruhi oleh bumbu yang banyak dan santan yang lebih banyak. Sementara, di luar Sumatra Barat, kuah gulainya lebih encer karena kadar santannya tidak sebanyak yang asli di Sumatra Barat.

Rahasia perbedaan masakan Padang yang asli (resephariini.com)