YouTube Coba Belajar dari Kesalahan Rewind Tahun Lalu

Tahun lalu YouTube membuat kesalahan dengan Rewind sehingga tidak disukai banyak orang. Sekarang mereka mencoba untuk memperbaiki diri. Apakah rencana ini akan berhasil?

Akhir tahun 2019 akan segera menjelang, dan itu berarti sudah waktunya untuk YouTube Rewind. Sebuah program kaleidoskop dari YouTube untuk menyoroti kembali video paling populer dari platform selama dua belas bulan terakhir. Begitu yang ada dibenak semua orang sebelum Rewind 2018.

Pasalnya Rewind 2018 tahun lalu adalah bencana yang konyol melihatnya menjadi video yang paling tidak disukai di situs ini. Yang bahkan mengalahkan video klip 'Baby' dari Justin Bieber. YouTube bersusah payah untuk melakukan sesuatu yang berbeda kali ini.

Akun Twitter YouTube mengumumkan arah baru dari rewind menggunakan format yang paling cocok dengan internet, meme.

YouTube Rewind belajar dari kesalahan tahun lalu (youtube.com)

Alih-alih mengambil sejumlah konten original seperti tahun lalu, yang sebenarnya juga nggak original-original juga bahkan termasuk ada dead channel, video tahun ini adalah supercut dari video dan pencipta yang 'paling banyak' dilihat selama dua belas bulan terakhir. 

Benar, YouTube Rewind kembali merangkum hal-hal yang viral di dalam komunitas mereka. Alih-alih pura-pura memberi support kepada para pembuat konten yang sudah bukan rahasia lagi hanyala lip service dari perusahaan.

Di dalam Rewind tahun ini akan mencakup sejumlah fitur antara lain musik, game dan konten kecantikan, dengan nama-nama besar dari platform seperti PewDiePie dan Jelly serta musisi seperti Lil Nas X dan Billie Eilish.

Rencananya konten video YouTube Rewind akan dibagi menjadi beberapa bagan mulai dari video kreator teratas, video musik, video tari, video game paling populer dan video kecantikan, ditambah kreator baru dan kreator populer di beberapa wilayah. 

Agar sesuai dengan video, YouTube juga merilis statistik tentang konten yang paling banyak ditonton tahun ini. YouTube berharap bahwa dengan menampilkan apa yang populer di platform selama setahun akan menghindarkan mereka dari rasa malu tahun lalu.

YouTube Rewind belajar dari kesalahan tahun lalu (engadget.com)

Tetapi baru berjalan kurang dari satu hari, video pengenalan Rewind tahun ini sudah mendapat 1,5 juta lebih dislike dan 800 ribu like. Kalian mungkin bisa ikut serta memberikan penilaian di video di atas. Spoiler, ada Atta Halilintar.