7 Bahan Makanan yang Tahan Disimpan Selamanya

Bahan makanan seringnya punya tenggat waktu dalam menyimpan. Artinya, dalam setiap kemasan pasti ada tanggal akhir untuk dapat diolah atau dikonsumsi. Ada lho tapi bahan makanan yang bisa bertahan sampai tak terhingga. Ini dia.

Bahan makanan yang nggak tahan lama biasanya disimpan dikulkas untuk bisa bertahan lebih lama dari biasanya. Seperti ikan segar, sayur-sayuran, telur, susu, buah-buahan, keju, dan lain-lain. Lalu 5 bahan makanan yang bisa tahan selamanya ini adalah sebagai berikut.

1. Madu

Ketika sudah lama disimpan, bagian bawah madu mengendap. Ini aman. Menurut National Honey Board, madu dapat bertahan selama berabad-abad. Atau dalam jangka waktu yang tak terbatas. Meskipun madu nggak punya kadar vitamin dan mineral yang tinggi dibanding bahan makanan lain, tetapi madu punya khasiatnya. Selain sebagai pemanis rasa, madu juga dapat mengobati luka dan luka bakar.

Source: Ark21.

2. Garam

Garam jika tidak disimpan pada tempat yang kedap udara memang suka menggumpal dan lembab. Tapi, garam tidak perlu dikhawatirkan masa tenggat kadaluarsanya. Waktunya nggak terbatas, jadi pada kemasan garam murni jarang disertai tanggal kadaluarsa. Ya, karena memang bisa tahan sampai waktu tak terhingga.

Source: Cairofood.

3. Gula

Gula selain sebagai pengawet makanan, juga awet pada dirinya sendiri. Cara penyimpanannya pun jadi syarat. Jika disimpan dalam wadah yang kedap udara, maka gula tidak akan kadaluarsa. Perubahan warna mungkin terjadi karena cuaca. 

Source: Self.

4. Beras

Beras dikonsumsi oleh setengah populasi penduduk dunia. Dari cara memasaknya pun sangat mudah. Harganya murah. Beras adalah bahan makanan yang tahan disimpan selamanya. Meskipun terjadi perubahan warna, tetapi tetap msih bisa dikonsumsi. Untuk penyimpanan, baiknya dijemur sampai tidak lembab dan disimpan dalam wadah kedap udara. 

Source: Agroindonesia.

5. Dried bean atau kacang yang dikeringkan

Kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang hijau bisa disimpan sampai tak terbatas waktu. Asalkan dikeringkan dengan sempurna, maka masih tetap dikonsumsi satu abad kedepan.

Source: Drweil.

6. Susu bubuk

Susu bubuk ini adalah bahan makanan yang tahan disimpan selamanya. Kecuali berubah warna kekuningan. susu bubuk ini juga jadi andalan bahan bantuan jika tidak ditemukan susu segar. Dan, karena ia bisa tahan lama tentunya.

Source: Townpune.

7. Pemmican

Pemmican dibuat secara tradisional oleh penduduk asli Amerika. Bahan makanan ini terbuat dari daging kerbau atau rusa. Caranya dengan memilih daging yang tidak berlemak lalu diasap diatas api membara. Kemudian dilapisi lemak dan diberi sedikit rasa dari buah berry. Berdasarkan pernyataan US Wellness Meats di Missouri bisa bertahan hingga dua tahun di freezer. Tapi, pernah dibuat berasal dari daging rusa, dan bisa bertahan selamanya. 

Source: Offthegridnews.