Cari Tahu Sifat Pelit Dalam Diri Lewat Beberapa Kebiasaan

Sifat pelit kadang nggak dirasain sama yang memiliki. Supaya tersadarkan, kalian bisa cari tahu lewat beberapa kebiasaan di bawah ini.

Banyak orang yang nggak merasa kalau dirinya itu pelit sebelum dibilangin sama orang lain kalau dia itu tidak suka berbagi. Sifat ini memang jarang dibicarakan karena yang punya biasanya nggak mengakuinya.

Bagi yang ngerasa memiliki, kalian bisa cari tahu sifat pelit dalam diri lewat beberapa kebiasaan. Kali saja kalian mau mengubah diri agar tidak dibenci orang. Yuk kita lihat apa saja kebiasaan tersebut gengs.

1. Suka menikmati hal-hal sendirian

Paling gampang adalah saat makan. Kalau kalian lebih sering sendirian buat menikmati makanan, terutama kalau makanan itu enak rasanya, kalian mungkin punya sifat pelit. Khawati aja kalau ngajak orang lain buat makan, ntar disuruh mentraktir. Jadi kebiasaan makan sendiri bisa dihitung kalian orang yang pelit, kalau enggak memang nggak punya temen. 

Kebiasaan dari sifat pelit dalam diri (solotravelerworld.com)

2. Menyimpan barang terlalu rapi

Kebiasaan menjaga kerapian itu penting, kamar pribadi akan terasa nyaman untuk ditinggali. Tapi kalau sampai menyembunyikan banyak barang sehingga kamar nampak kosong, ada kecenderungan kalian memiliki sifat pelit. Misal di meja rias yang seharusnya berisi makeup apa skin care malah kosong melompong karena barang yang biasa dibagi itu kalian simpan ke dalam lemari. 

Kebiasaan dari sifat pelit dalam diri (erasmusu.com)

3. Nabung sampai nggak ada alokasi buat jajan

Sama seperti menjaga kerapian, menabung juga kebiasaan yang baik. Tetapi kalau kalian terlalu bersemangat sampai nggak ada sisa buat jajan, itu namanya udah pelit sama diri sendiri. Perlu lho buat sesekali kalian menghadiahi diri sendiri. Hal itu adalah bentuk penghargaan terhadap usaha yang telah dilakukan. Begitu juga kala mentraktir orang lain sebagai penghargaan ke mereka.

Kebiasaan dari sifat pelit dalam diri (nbcnews.com)

4. Sering cemberut di depan orang

Walaupun terdengar klise, tapi senyuman memang salah satu cara untuk berbagi kebahagiaan dengan orang lain. Jika sering cemberut di depan orang, maka mereka dengan otomatis bakal bilang kalau kalian itu pelit senyum gengs. Ramah dan murah senyum adalah kebiasaan yang bisa membuat seseorang memiliki banyak teman. Percaya deh.

Kebiasaan dari sifat pelit dalam diri (pluspng.com)

5. Jarang merekomendasikan sesuatu hal yang bagus

Orang dengan sifat pelit nggak disadari pasti jarang merekomendasikan sesuatu yang bagus. Entah tempat makan, film, atau informasi lainnya. Mereka pengen menikmatinya sendiri. Nah kalau kalian punya kebiasaan ini, kalian condong menjadi orang yang pelit gengs. Apa susahnya sih berbagi info-info yang menarik. Nggak ngurangin duit kalian. Malah bisa saja kalian ditraktir orang yang kalian rekomendasikan lho.

Kebiasaan dari sifat pelit dalam diri (wbjournal.com)