6 Langkah Sederhana Ini akan Bantu Atasi Susah Buang Air Besar

Seringkali penyebab susah buang air besar sulit untuk diketahui. Tapi secara umum ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan sembelit, misalnya pola makan kita yang buruk, kehamilan, atau sering menunda buang air besar.

Dalam bahasa medis, susah buang air besar disebut juga konstipasi. Hal ini terjadi karena minimnya frekuensi buang air besar. Akan tetapi, frekuensi buang air besar setiap orang berbeda-beda, dan tidak ada patokan baku mengenai berapa kali normalnya buang air besar dalam sehari atau seminggu.

Beberapa orang punya frekuensi buang air besar sebanyak 1-2 kali seminggu, sedangkan sebagian lainnya buang air besar sebanyak 1-2 kali per hari. Namun, jika tidak buang air besar selama tiga hari atau lebih termasuk dalam kategori yang susah buang air besar. Struktur feses atau kotorannya pun jadi lebih keras dan sulit untuk dikeluarkan.

Nah, ingat ungkapan "mencegah lebih baik daripada mengobati," kan? Coba yuk ikuti langkah-langkah berikut demi menangani gejala susah buang air besar.

1. Tingkatkan Konsumsi Air Putih

Ayo, cintailah air putih yang baik untuk tubuh. Minumlah setidaknya 3 liter air putih setiap harinya. Konsumsi air sebanyak itu dianjurkan karena terbukti efektif demi mencukupi kebutuhan air dalam tubuh. Cobalah untuk hindari minum air keran karena di dalamnya banyak zat tambahan yang tidak baik untuk sistem pencernaan.

foodnavigator-asia.com

2. Tambahkan Asupan Serat

Beberapa dokter dan spesialis di seluruh dunia telah mengatakan bahwa sembelit merupakan tanda dari kondisi tubuh yang kurang serat. Maka, tunggu apa lagi? Segera beralih pada pola makan sehat, terutama dengan mengonsumsi buah-buahan, biji-bijian, sayuran berdaun, dan perbanyak asupan cairan. Asupan serat akan membantu kita buang air besar lebih mudah, lho.

universityhealthnews.com

3. Hindari Makanan Berlemak

Cegah sembelit dengan menghindari, atau setidaknya batasi asupan produk susu. Misalnya susu, yogurt, dan makanan yang kandungan lemaknya tinggi. Demikian halnya dengan makanan yang kandungan kolesterolnya cukup tinggi, termasuk makanan yang telah diproses seperti makanan berlemak atau junk food. Makanan-makanan macam itu terbukti kian memperburuk rasa sakit.

coach.nine.com.au

4. Tingkatkan Aktivitas Fisik

Metode ini akan membantu kita untuk melancarkan proses buang air besar. Mulailah dengan berjalan atau melakukan latihan sederhana seperti jogging, lompat tali, bersepeda, atau berenang. Sebenarnya dengan berjalan kaki saja sudah membantu kita melancarkan proses tersebut. Sedangkan olahraga rutin akan membantu mengalirkan darah termasuk mengatasi sembelit.

mahdaen.tv

5. Jauhkan Diri dari Stres atau Depresi

Hindari stres atau perasaan tertekan seperti halnya depresi akan mengatasi problem sembelit. Jauhi diri kita dari berbagai kegiatan yang dapat memicu stres dan ketegangan serta kekhawatiran. Semua kondisi mental macam ini dapat mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari.

glamour.com

6. Cobalah Pengobatan Sederhana Ini

Sembelit juga bisa diatasi dengan pengobatan yang mudah dijangkau di rumah kita, misalnya minumlah jus buah prune; makan buah pir saat sarapan atau setelah makan malam; makanlah 1-2 buah jeruk sebelum tidur yang ternyata akan merangsang perut anda. 

Selain itu, cobalah konsumsi anggur dan madu yang dikenal sebagai pencahar alami. Ada juga jus lidah buaya yang dapat melemaskan otot-otot pencernaan dan usus, sehingga feses yang lewat akan lebih mudah.

aaptiv.com