5 Aktivitas untuk Melatih Daya Ingat Kita

Inilah 5 aktivitas untuk melatih daya ingat kita. Penting banget nih buat kalian yang gampang lupa.

Manusia lupa tuh ya manusiawi. Semua orang pasti pernah lupa, bahkan setiap hari, ada aja yang kelupaan.

Lupa adalah salah satu cata otak menghapus memori kita yang dianggap nggak penting (((NGGAK PENTING))). Kondisi lupa umumnya terjadi karena otak kita udah terlalu banyak menyimpan memori. Otak akan menjalankan mode penghapusan otomatisnya.

Setelah terhapus, otak bakal punya ruang kosong lagu untuk menyimpan memori-memori baru.

Di balik itu, lupa tuh kadang bikin jengkel juga ya. Ya kali udah berangkat kerja jauh-juah, eh laptop malah ketinggalan. Kerjaan lupa dikerjain. Atau malah lupa punya pacar (*eh).

Kalo udah begini, kalian berarti wajib melatih daya ingat dengan melakukan 5 aktivitas berikut ini.

Duh, lupa! (wordreference.com)

#1 Mengatur rutinitas

Aktivitas sehari-hari yang padat bisa diatasi dengan penjadwalan yang tepat. Jadwal aktivitas yang jelas bikin kita jadi gak perlu terlalu banyak mengingat sesuatu. Jadi otak gak perlu bekerja lebih keras untuk mengingat.

Ciptakan kebiasaan untuk mengatur rutinitas. Misalnya pagi hari setelah bangun tidur kita ngapain aja. Jelang siang dan sore kita melakukan ini atau itu. Dan malam, kita batasi waktu sebelum jam berapa terus tidur.

Kalo rutinitas itu udah terbentuk, tubuh dan pikiran kamu bakal otomatis untuk melakukan hal-hal tersebut. Karena itu udah jadi kebiasaan kalian.

Atur rutinitas kamu sejak bangun tidur (independent.co.uk)

#2 Main game memori

Memainkan permainan untuk mengasah memori tuh penting loh untuk melatih daya ingat. Kamu bisa main tebak gambar misalnya. Atau main catur, atau tebak lokasi gambar. Macem-macem deh. 

Daya ingat kita akan terasah. Dan kita jadi lebih gampang mengingat sesuatu deh.

Main catur misalnya, oke tuh buat melatih daya ingat (unsplash.com)

#3 Tertawa terbahak-bahak

Plis ... jangan anggap sepele ketawa. Hidup ini kadang pahit, jadi dibikin manis aja dengan tertawa. Kalo bisa ya tertawa terbahak-bahak gengs.

Kenapa? Yap, ini kan dalam rangka melatih daya ingat kita. Soalnya, tertawa tuh baik buat kesehatan. Level stres kita bisa turun dengan tertawa. Tertawa juga bikin kita jadi lebih fokus.

Coba deh tertawa terbahak-bahak, biar gak gampang lupa (unsplash.com)

#4 Bikin 'to-do-list'

Bikin 'to-do-list' mirip-mirip lah dengan mengatur jadwal tadi. Bedanya, kalian harus menulis sesuatu biar segala aktivitas jadi terencana dan terjadwal.

Kira-kira apa aja sih yang bakal kalian lakukan hari ini? Catat gengs. Lagian, membuat 'to-do-list' juga bakal mengimprovisasi ingatan kita.

Kalo udah bikin 'to-do-list', hal-hal lain di samping pekerjaan kita bisa diingat dengan baik. Kerjaan tuntas, semua beres~

Coba, bikin 'to-do-list' juga gengs~ (unsplash.com)

#5 Berolahraga

Berolahraga tentu banyak manfaatnya gengs. Ilmuwan dari University of California, Amerika Serikat mengatakan bahwa olahraga ringan yang dilakukan selama 10 menit bisa meningkatkan konektivitas otak kita.

Misalnya melakukan yoga, atau olahraga ringan macam stretching setelah bangun tidur.

Berolahraga ringan setiap hari bisa menjaga kesehatan sel-sel otak kita. Area hippocampus di otak yang berguna sebagai wadah penyimpanan ingatan akan berfungsi dengan lebih baik gengs.

Tunggu apa lagi, lakukan deh 5 aktivitas untuk melatih daya ingat di atas. Biar kamu gak gampang lupa gitu.

Olahraga deh, biar gak gampang lupa juga~ (medium.com)