Kompetisi Makan Berujung Kematian, Salah Satunya Ayam KFC!

Kompetisi makan yang tampak sepele ternyata bisa menyebabkan kematian. Salah satunya ayam KFC, karena salah satu peserta tersedak dan meninggal.

Mungkin kalau denger kompetisi makan, yang bakal kebayang adalah makan sepuasnya dan bisa jadi gratis kalau kompetisinya tanpa biaya pendaftaran. Tapi siapa sangka, acara yang harusnya pebuh suka cita ini berakhir dengan kematian.

Kompetisi makan sebenarnya udah ada sejak ratusan tahun yang lalu dan masih dilakukan hingga saat ini. Tidak hanya hadiah yang diincar, tapi juga untuk sekadar bersenang-senang.

Biasanya, pemenangnya adalah dia yang paling cepat dan banyak menghabiskan makanan. Bagi yang tidak terbiasa makan dengan cepat ternyata bisa mengakibatkan kematian.

Dilansir dari Detik.com, berikut ini beberapa lomba makan yang berujung kematian:

1. Kompetisi Makan Donat

Restoran Voodoo Doughnut di Denver, Colorado, mengadakan kompetisi makan donat pada tahun 2017. Tugas para peserta adalah menghabiskan banyak donat dalam waktu kurang dari 80 detik.

Salah satu peserta yang berpartisipasi adalah Travis Malouff, berusia 42 tahun. Dia memakan 6 donat sekaligus ke dalam mulutnya. Kemudian tersedak dan dilarikan ke rumah sakit.

Sayangnya Travis tidak tertolong lagi dan meninggal karena saluran pernapasannya tertutup.

Makan donat (sprinklesomesugar.com)

2. Kompetisi Makan KFC

Peristiwa ini terjadi di Indonesia pada tahun 2016. Sebanyak 236 gerai KFC di Pulau Jawa dan Bali yang menggelar kompetisi makan chicken wings. Hadiahnya lumayan banget, sebesar 5 juta rupiah. Peserta harus menghabiskan chicken wings sebanyak-banyaknya dalam waktu kurang dari 5 menit. Salah satu pesertanya bernama Fredy Jayadi, mengikuti kompetisi ini di gerai KFC yang ada di Jakarta Barat.

Dia baru saja makan tiga chicken wings sebelum akhirnya tersedak. Meski langsung minum air, chicken wings yang tersangkut di tenggorokannya tidak dapat turun ke penceraan. Dia langsung dilarikan ke rumah sakit. Tapi naas, nyawanya tidak tertolong.

Ternyata tersedak bukan sesuatu yang sepele. Bisa menyebabkan kematian.

Chicken Wings KFC (3000wingking.wordpress.com)

3. Kompetisi Makan Pancake

Lomba makan pancake ini terjadi di Kaliningrad, Provinsi Rusia pada tahun 2009. Seorang pria bernama Boris Isaev dari kota Chernyakhovsk, berhasil menjadi juara kompetisi makan ini.

Boris merupakan peserta yang paling aktif dan mampu menghabiskan pancake paling banyak. Sayangnya, pas Boris mau naik ke atas panggung untuk menerima hadiah, tubuhnya mulai limbung dan tenggorokannya tersedak. Mulutnya mengeluarkan busa hingga ia kesulitan bernafas.

Diduga ada potongan pancake yang tersangkut di trakeanya dan membuatnya kesulitan bernafas.

Wah, ngeri juga ya gengs. Udah menang malah meninggal.

Pancake (kingarthurflour.com)

4. Kompetisi Makan Onigiri

Onigiri adalah salah satu makanan yang popular di Jepang. Nasi kepal dengan isi dan bungkus rumput laut ini menjadi makanan yang ringkas untuk bekal atau sarapan.

Tahun 2016 lalu di kota Hikone, Prefektur Shiga Jepang, diselenggarakan festival pertemanan yang didukung oleh Higashibiwako's Japan Agricultural Co-operative (JA).

Dalam acara tersebut diselenggarakan juga kompetisi makan. Tugas para peserta adalah untuk lima buah onigiri dalam waktu tiga menit. Tampak mudah dan sangat sepele. Sayangnya satu dari 15 kontestan, pria berusia 28 tahun pingsan saat mencoba memasukkan lima buah onigiri ke dalam mulutnya sekaligus.

Pihak medis yang ada di lokasi berusaha menyelamatkan nyawanya, tapi setelah dirawat selama tiga hari, nyawa pria itu akhirnya melayang. Ini jadi pelajaran berharga, bahwa di area tenggorokan juga ada kerongkongan untuk bernafas. Cara makan yang tidak benar bisa menghalangi jalan napas dan membahayakan jiwa.

Itu 4 kejadian kompetisi makan yang berujung kematian. Kalau kamu mau ikut lomba makan pelajari dulu caranya ya gengs. Biar gak bahaya buat nyawa.

Onigiri (loveandoliveoil.com)