Sejarah Kelahiran Hari Pers Nasional yang Harus Kalian Ketahui

Siapa sih sehari aja yang nggak nonton TV atau baca berita? Informasi telah jadi makanan manusia sekarang ini. Itulah salah satu alasan munculnya pers.

Mungkin kalian masih bingung dengan istilah pers. Apa sih pers itu?

Pers atau media massa adalah istilah yang dipakai sejak tahun 1920-an. Dalam Kamus Bahasa Indonesia, pers adalah alat surat kabar dan majalah yang berisi berita. 

Sementara itu, menurut UU No. 40 tahun 1999 tentang pers, pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik yang meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis saluran yang tersedia.

Hari Pers Nasional sendiri diperingati pada 9 Februari 2019. Kalo kalian belum tau, berikut adalah sejarah tentang Hari Pers Nasional:

1. Kemunculan PWI

Persatuan Wartawan Indonesia atau PWI berhubungan erat dengan Hari Pers Nasional. Melansir dari Gramedia.com, PWI adalah sarana dan lambang persatuan para wartawan Indonesia dalam mertahanin kedaulatan negara dari bahaya penjajahan.

2. Kongres PWI ke-28

Sejarah hari pers nasional (gomerpedia.org)

Kongres PWI ke-28 diadakan di Padang pada 1978. Dari situlah Hari Pers Nasional tercetus. Tokoh-tokoh pers menginginkan peringatan kehadiran dan peran pers Indonesi di lingkup nasional.

Lalu, ada sidang Dewan Pers ke-21 di Bandung pada 19 Februari 1981. Ide soal Hari Pers Nasional itu pun disampaikan pemerintah lewat Dewan Pers.

3. Terpilih tanggal 9 Februari

media massa (fuccha.in)

Hari Pers Nasional diresmikan saat masa orde baru, di masa pemerintahan presiden Soeharto. Kita bisa menemukan penetapannya di Keputusan Presiden RI No. 5 tahun 1985.

Terus, kenapa dipilih pada tanggal 9 Februari? Jadi, tanggal 9 Februari berhubungan dengan hari jadi PWI yang dibentuk pada 1946.

Melansir dari Kompas.com, Presiden Soeharto yang menetapkan hari tersebut mengungkapkan, "Pertumbuhan dan peningkatan pers nasional akan memberikan nilai positif bagi perkembangan dan pertumbuhan bangsa Indonesia."

Sampai sekarang pun hari pers nasional diperingati pada 9 Februari setiap tahunnya. Misalnya aja, di tahun 2019, Surabaya jadi jadi tuan rumah peringatan Hari Pers Nasional.

Itulah sejarah mengenai kelahiran Hari Pers Nasional, gimana menurut kalian gengs?

pers (cleareurope.eu)