Ciri Kamu adalah Orang yang Berperilaku Jahat Pada Diri Sendiri

Biasanya orang jahat itu buat orang lain. Tapi kadang bisa lho jadi orang itu malah jahat sama diri sendiri.

Setiap orang pasti berharap yang terbaik untuk dirinya sendiri. Karena dengan itu seseorang bisa mendapatkan kebahagiaan hidup.

Tetapi bagaimana jika yang kamu lakukan malah justru jahat kepada diri sendiri. Tentu bukan kebahagiaan yang kita dapat. Dan kadang kamu tidak tahu kalau kamu sedang melakukan hal itu.

Yuk kita simak ciri-ciri orang yang sedang jahat pada diri sendiri gengs. Supaya kita bisa menghindarinya kemudian.

1. Tak menghargai diri sendiri

Sering merasa kalau kamu itu tak berguna, tak memiliki kemampuan apapun, tak diinginkan siapa-siapa? Nah di situ kamu sudah tak menghargai diri sendiri. Dan itu adalah sebuah kejahatan pada diri sendiri.

Kamu tidak akan dihargai oleh orang lain jika kamu tidak menghargai dirimu sendiri pada awalnya. Tak perlu menbandingkan dirimu dengan orang lain. Karena setiap orang memiliki keunikannya masing-masing.

Ciri orang jahat pada diri sendiri (avataroceania.com)

2. Malas merawat diri

Bagi kamu mungkin merawat diri itu suatu hal yang biasa saja. Ya dilakukan sewajarnya saja. Kalau berlebihan malah nggak asik.

Tetapi jangan salah, banyak orang yang kecenderungannya malah destruktif. Nggak peduli itu cowok atau cewek. Jika kamu mulai tak acuh dengan kondisi tubuh, kamu bisa semakin abai dengan kesehatan.

Ciri orang jahat pada diri sendiri (introvertwhisperer.com)

3. Tidak mendengar kritik atau masukan

Percaya deh kalau di luar sana akan selalu ada orang yang memerhatikanmu dan peduli kepadamu. Ketika mereka melihat kamu melakukan kesalahan, mereka akan memberi masukan dan mengkritik. Tujuannya agar kamu semakin baik nantinya.

Jahat kalau kamu malah tidak mendengar mereka. Selain kamu tidak menghargai niat baik mereka, kamu juga tidak membiarkan dirimu menjadi lebih baik.

Ciri orang jahat pada diri sendiri (healthline.com)

4. Menyia-nyiakan waktu

Waktu adalah komoditas paling berharga di dunia. Karena tidak ada uang yang bisa membeli waktu, jika sudah terlewatkan. Maka janganlah kamu menyia-nyiakan waktu, karena itu hanya menyakiti diri sendiri.

Buat jadwal aktivitas dan prioritaskan apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Manfaatkan waktu sebaik-baiknya agar yang kamu dapatkan bisa bermanfaatkan bagi diri dan orang lain.

Ciri orang jahat pada diri sendiri (midlifetribe.com)

5. Memiliki ego yang tinggi

Dan yang paling buruk adalah jika kamu mendahulukan ego yang justru semakin menjerumuskanmu pada masalah. Jika memang tidak mampu melakukan sesuatunya sendiri terbukalah dengan bantuan orang lain.

Hal ini akan mengajarkanmu berkolaborasi. Sehingga suatu saat giliran kamu yang akan mengulurkan bantuan kepada orang lain.

Ciri orang jahat pada diri sendiri (verywellmind.com)