Apakah Kalian Sudah Dewasa Secara Emosional? Simak Tanda-tandanya Nih~

Apakah kalian sudah dewasa secara emosional? Simak deh tanda-tandanya ....

Kedewasaan seseorang nggak dilihat dari usianya gengs. Menjadi dewasa secara usia mungkin aja, karena muda itu sementara dan tua itu pasti. Hehehe.

Perubahan seseorang 'dewasa' bisa terlihat dari perubahan fisik, entah bentuk badan atau wajah. Tapi gimana dengan sifat atau sikapnya? Sudah dewasakah dia secara emosional?

Seperti dikutip dari Kumparan, simak deh tanda-tanda seseorang yang sudah dewasa secara emosional.

1. Gak gampang terpancing emosi

Jika kalian udah cukup dewasa secara emosional, berarti kalian adalah orang-orang yang tenang. Kalian gak gampang kepancing emosinya.

Kalian pandai mengendalikan emosi dan selalu memastikan hal-hal lain sebelum bertindak. Nggak terlalu keburu-buru, tenang, kalem, santai. Tapi tetep bertanggung jawab biar keadaan gak tambah ribet.

Jangan gampang terpancing emosi gengs, kalem~ (alison.com)

2. Berpikir sebelum bertindak

Kalian bisa menjadi musuh banyak orang dalam tempo yang sesingkat-singkatnya gengs. Caranya? Bicaralah sembarangan ke orang lain. Ceplas-ceplos atau blak-blakan tanpa pikir panjang.

Kalo kalian sudah dewasa secara emosional, kalian gak akan melakukan itu. Kalian justru akan berpikir dulu sebelum bertindak. Bukan ngomong doang ya, tapi berpikir loh.

Seiring waktu yang berjalan, kalian pasti bisa deh lebih dewasa dalam bertindak. Kalian harus belajar untuk lebih bijaksana dalam bicara. Maka kalian akan dewasa secara emosional.

Pikir dulu, baru bertindak, bukan sebaliknya (forbes.com)

3. Menerima kritik dan saran

Jika kalian bisa menerima kritik dan saran dari orang lain, berarti kalian udah cukup dewasa. Etapi ... kalo bisa menerima itu semua dengan lapang dada ya.

Kalian harus bisa bedakan antara komentar sepele dan komentar yang baik untuk perkembangan kalian. Gak semua kritik tuh negatif kok. Kalian butuh juga demi kebaikan kalian.

Pelajari dan pahami baik-baik, kalian akan dewasa secara emosional gengs.

Oke, oke, oke ... (giphy.com)

4. Menghargai perbedaan

Jadi dewasa secara emosional bisa dimulai juga dengan menghargai perbedaan apa pun. Sikapnya seperti menghormati segala perbedaan pendapat, atau memaklumi dan sadar bahwa pasti terjadi perbedaan pendapat.

Kalian gak bisa lagi terlalu mengedepankan ego untuk mempertahankan apa yang kalian anggap benar. Utamakan hubungan sosial yang baik dengan orang-orang di sekitar kalian.

Hargailah perbedaan (reactiongifs.us)

5. Berani mengakui kesalahan

Dewasa secara emosional juga bisa ditunjukkan dengan berani mengakui kesalahan. Kalian adalah sosok yang lebih bertanggung jawab dan nggak pernah lari dari masalah.

Kalian akan berusaha untuk menyelesaikan masalah itu sendiri, tanpa melibatkan atau membebani orang lain. Hal itulah yang bikin kalian menjadi orang yang bijaksana dalam mengambil keputusan.

Jadi, apakah kalian sudah dewasa secara emosional? Tanda-tandanya di atas tadi gengs, coba renungkan baik-baik. Pelajari dan pahamilah gengs (*tsahhh).

Akui kesalahan kalian! (medium.com)