Deretan Bahan Makanan yang Cocok Banget Buat Gantiin Nasi Putih

Inilah deretan bahan makanan yang cocok banget gantiin nasi putih. Oke juga nih buat kalian yang diet.

Nasi putih udah jadi makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia. Makanan ini menjadi mengisi kebutuhan karbohidrat kita setiap hari.

Tapi, belakangan banyak orang yang beralih dari nasi putih. Mereka meninggalkan dan mengganti menu nasi putih demi mengurangi asupan karbohidrat.

Kalo kalian terpikir untuk melakukannya juga, ada nih deretan bahan makanan yang cocok untuk gantiin nasi putih. Simak deh.

#Kentang

Kentang memiliki zat tepung dan karbohidrat yang ideal untuk menggantikan nasi putih. Kentang bikin kenyang juga kok, dan punya kandungan vitamin C.

Kentang oke nih (foodnetwork.com)

#Jagung

Sebagian wilayah di Indonesia menjadikan jagung sebagai makanan pokoknya. Nah, gak ada salahnya nih kalian coba jagung untuk ngegantiin nasi putih.

Tiap utir jagung mengandung banyak vitamin, mineral, serta serat yang baik buat tubuh. Ada vitamin C, karotenoid, dan bioflavonoid untuk kesehatan jantung. Bagus juga buat pencernaan.

Jagung juga boleh gengs~ (foodnetwork.com)

#Talas

Talas adalah jenis umbi-umbian dengan serat yang tinggi. Bagus nih buat diet. Talas juga mengandung kalium, kalsium, tembaga, fosfor, magnesium, dan sejumlah vitamin seperti C, B, dan E. Makan talas bisa direbus, dikukus, atau digoreng. Enak deh~

Talas cuy, kuy lah~ (justorganics.in)

#Sukun

Siapa nih yang doyan sukun? Sumpah, ini makanan enak banget. Kalo di luar negeri dikenal sebagai 'breadfruit' yang katanya bisa menjadi sumber energi super di masa depan.

Buah sukun menjadi sumber karbohidrat yang baik. Satu buah sukun ukuran besar bisa untuk kebutuhan karbohidrat satu keluarga dengan 5 orang loh.

Sukun yang udah matang punya tekstur yang mirip dengan kentang. Ada yang digoreng, bisa juga direbus sih.

Siapa nih yang doyan sukun~ (cookpad.com)

#Ubi jalar

Ubi jalar oke juga nih buat gantiin nasi putih. Rasanya emang manis, tapi malah bagus buat penderita diabetes.

Ubi jalar mengandung asam folat, vitamin B6, kalium, dan vitamin D. Ubi jalar kuning mengandung karotenoid yang akan diubah jadi vitamin A di dalam tubuh.

Ubi jalar juga oke banget nih (delish.com)

#Singkong

Orang Indonesia gak kenal singkong? Gak mungkin deh, hehehe. Yap, bahan makanan ini udah dikenal merakyat banget. Harganya murah dan tinggi serat.

Singkong tuh kaya magnesium dan baik untuk jantung. Ganti nasi putih dengan singkong? Segera deh mendingan. Lebih sehat.

Singkong sip nih, sambil nongkrong ya kan (bantennews.co.id)

#Labu madu

Labu madu disebut juga butternut squash. Buah ini bisa menggantikan menu nasi dalam makanan kita sehari-hari. Makanan ini bisa dierut jadi kayak mi. Mengolahnya? Tinggal dikukus atau dipanggang.

Nah, labu madu juga enak kok (bbcgoodfood.com)

#Nasi merah

Kalo nasi merah udah populer beberapa tahun belakangan untuk menggantikan nasi putih. Kata para ahli, nasi merah mengandung banyak serat dan sumber karbohidrat kompleks.

Beras merah mengandung vitamn B6 dan zat besi. Lagian, beras merah juga mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan.

Nasi merah, biar gak putih terus (medium.com)

#Kembang kol

Buat yang sering makan sup, kembang kol tuh oke loh buat menggantikan nasi putih. Kembang kol tentunya mengandung serat dan nutrisi yang lebih tinggi dari nasi putih.

Kembang kol masuk dalam kategori sayuran yang kaya antioksidan. Ada kandungan betakarotennya juga nih. Termasuk vitamin C dan E yang baik untuk kesehatan kulit. Ditambah lagi vitamin K untuk kesehatan tulang dan gigi.

Kembang kol ada yang warna-warni nih (kaskus.id)

#Brokoli

Kayak kembang kol juga nih ... brokolo oke banget buat gantiin nasi putih. Brokoli pun mengandung serat yang baik untuk kalian yang lagi diet. Makan brokoli tuh bikin perut lebih cepat kenyang.

Vitamin C dan kalsium dalam brokoloi akan melancarkan metabolisme tubuh.

Brokoli, lumayan buat gantiin nasi putih (thejakartapost.com)

#Oatmeal

Oatmeal adalah sumber karbohidrat kompleks juga nih. Bahan makanan ini udah dipercaya bertahun-tahun untuk menggantikan nasi putih. Kita bisa olah oatmeal jadi bubur. Bisa juga dimasak, atau dicampur buah-buahan.

Oatmeal buat sarapan juga boleh (eggs.ca)

#Shirataki

Shirataki adalah bahan makanan yang terbuat dari umbi konnyaku. Konnyaku sendiri udah lama dikenal sebagai bahan pangan yang ramah bagi kalian yang sedang diet.

Shirataki tuh mirip seperti bihun. Tapi shirataki rendah kalori dan kaya serat. Makanan ini bisa diolah jadi apa aja untuk menggantikan menu nasi putih.

Shirataki lagi dicari banyak orang nih~ (dlife.com)

#Quinoa

Quinoa tuh sejenis biji-bijian yang punya jumlah fitonutrien yang luar biasa banyak. Nutrisi itu berguna untuk melindungi diri dari peradagan dan mencegah penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.

Quinoa juga memiliki sumber karbohidrat yang kaya serat. Quinoa tuh gluten free gitu dan mengandung 9 jenis asam amino. Pokoknya ajaib deh.

Nah, itu dia deretan bahan makanan yang cocok untuk gantiin nasi putih. Coba deh makan secara rutin dari sekarang. Apalagi yang lagi diet nih.

Nah, cobain juga nih quinoa (cookidoo.pl)