Cara Membebaskan RAM Android dari Kehabisan Memori

Jika Android anda sering lemot, kemungkinan terbesar adalah RAM-nya kehabisan memori.

Tidak semua orang memiliki gawai Android dengan kapasitas RAM yang lega. Sehingga bebas untuk menjalankan berbagai macam aplikasi tanpa khawatir menjadi lemot. Mungkin anda salah satu orang yang memiliki gawai Android berkapasitas memori rendah.

Jangan khawatir, sebenarnya ada banyak cara untuk menghemat RAM Android, agar performa gawai Android anda tetap lancar. Di sini saya akan membagikan beberapa cara untuk membebaskan RAM gawai Android anda yang sedang kehabisan memori.

1. Matikan Sejumlah Aplikasi Yang Berjalan di Background

Sejumlah aplikasi biasanya berjalan di Background Android. Tentu saja hal ini memakan memori RAM. Untuk itu matikan aplikasi yang berjalan di Background Android. Pilih aplikasi yang menurut anda sedang tidak dipergunakan. Caranya sangatlah mudah, yaitu pilih menu pengaturan > aplikasi > berjalan > Aplikasi yang mau dihentikan > berhenti. Nah dengan melakukan hal diatas, maka sedikit semi sedikit beban pada RAM Android akan berkurang.

2. Hindari Penggunaan Widgets Pada Home Screen

Tampilan home screen yang menarik adalah keinginan banyak orang. Tetapi pastinya dapat membebankan kinerja RAM Android anda. Maka itu sebaiknya anda kosongkan saja Home Screen Android sobat. Pasti anda bertanya, memang apa hubungannya? Mari saya beri tahu, Live Wallpaper dapat membebani RAM disebabkan karena efek animasi dan objek yang bergerak dan juga dapat memboroskan baterai. Ganti saja Live Wallpaper dengan Wallpaper Statis.

3. Matikan Animasi dan Transisi

Memang Animasi dan Transisi pada Android dapat memperindah tampilan antarmuka. Namun, siapa yang tahu kalau hal ini juga membawa dampak terhadap pemborosan RAM. Maka itu matikan saja Animasi dan Transisi pada Android, lantas bagaimana caranya? Caranya yaitu pergi ke setting > developer options. Setelah itu akan ada 3 pilihan yaitu Window Animation Scale, Transition Animation Scale, dan Animator Duration Scale. Kemudian matikan saja semuanya, dengan ini anda dapat menghemat RAM Android anda.

4. Buatlah Jadwal Untuk Mematikan Android

Smartphone juga membutuhkan istirahat sejenak layaknya manusia. Maka itu, buatlah jadwal untuk mematikan Android untuk menghindari overheat, RAM penuh, dan semacamnya. Misalnya setelah sobat menggunakan smartphone, matikan sekitar 20 ataupun 30 menit lalu pakai kembali. Dijamin dengan itu anda dapat mengatasi ponsel Android anda dari lag, crash, report, dll.

5. Hapuslah Aplikasi Yang Sudah Tidak Digunakan

Pasti banyak sekali aplikasi-aplikasi pada Android anda, namun apakah semuanya digunakan? Tentunya tidak! Maka itu hapus saja aplikasi yang sudah tidak anda pakai lagi. Karena apa? Karena kapan saja aplikasi yang sudah tidak digunakan itu dapat menjalankan perintah secara otomatis, sehingga dapat memboroskan RAM padahal sedaang tidak digunakan. Saya sarankan anda untuk mengosongkan RAM anda 30% dari keseluruhannya supaya tidak terjadi lag ataupun crash pada saat menjalankan aplikasi.