Hidup Kalian Gitu-gitu Aja? Belajarlah dari Patrick Star

Otaknya memang kecil di balik kepala kerucutnya. Tapi jangan sepelekan tokoh yang satu ini. Belajarlah dari Patrick.

Tau Patrick Star, kan? Itu, tetangganya Haji Kusen belakang rumah.

Bukan, doi adalah salah satu karakter dalam kartun Spongebob Squarepants. Dia adalah spesies bintang laut, pink, tambun, kepalanya kerucut, dan pakai celana bermotif bunga.

Dia adalah sahabat baik Spongebob. Rumahnya amatlah sederhana: batu. Udah. Keahliannya adalah tidak melakukan apa-apa. Menunggu Spongebob pulang kerja dan setelah itu, main.

Keliatannya dia emang dungu. Padahal jika kalian bisa menangkap apa yang tersembunyi di baliknya, kalian akan sadar betapa hebatnya karakter ini. Banyak pelajaran hidup yang bisa kita ambil dari hidupnya yang dinamis dan simpel itu. Apa aja sih pelajaran hidup dari tokoh Patrick Star ini?

1. Menjadi apa pun yang diinginkan

Hidup ini adalah hidup kita sendiri. Meski banyak aturan hidup, jangan biarkan orang lain mengatur hidup kalian. Tentukan sendiri langkah kalian, karena itu adalah keputusan atau pilihan kalian. Jalani dan nikmati seperti Patrick.

spongebob.wikia.com

2. Jujur dan jadilah orang jujur

Tak banyak yang dilakukan Patrick saat menunggu Spongebob pulang kerja. Mungkin tidur atau bengong seharian. Tapi Patrick adalah orang yang jujur pada temannya. Dia tak melebih-lebihkan atau mengurangi apa pun. Sebab, dia hanya ingin bergembira dan tak ingin punya masalah.

fanpop.com

3. Tak takut bertanya

Sebagian besar dari kita adalah orang-orang yang malu untuk bertanya. Namun Patrick tidaklah demikian. Dia mungkin dikenal dungu atau tak tahu apa-apa. Tapi dia tak pernah malu untuk bertanya sekalipun tidak penting! Padahal kalian tau kan, sudah banyak warga Bikini Bottom yang dibuat jengkel karena pertanyaannya.

revistaronda.net

4. Mengambil hikmah dari setiap kejadian

Karakter Patrick ini tak semata dibuat untuk bikin KZL banyak orang. Kita bisa melihat dari sisi lain, bahwa Patrick adalah karakter yang bijak. Kok bisa?

Perhatikan deh, segala hal yang dia lakukan mungkin memang takkan berakhir baik. Tapi dengan bijak, ia akan menasehati Spongebob jika impian itu tak diraihnya. Patrick akan dengan segera membesarkan hati siapa saja yang mengamati dialog-dialognya. Tapi kita bisa anggap juga bahwa mungkin dia tak begitu mempedulikan hasil akhir. Semua ini adalah proses buatnya.

spongebob.wikia.com

5. Berusaha keras dan pengertian

Mungkin tak banyak yang menyadari bahwa Patrick selalu berusaha keras untuk mendapat sesuatu. Tapi ya namanya kartun emang ajaib sih. Patrick selalu lebih beruntung ketimbang kawannya, Spongebob. Namun di saat bersamaan, Patrick akan membantu kawannya juga.

graphicslovex.wordpress.com

6. Melakukan sesuatu untuk orang lain

Dia adalah karakter yang tak semata dibangun untuk menjadi pemalas. Mungkin malas adalah tujuan untuk kita bercermin ketika melihat tingkah tololnya.

Sebaliknya, coba liat deh, betapa dia adalah karakter yang amat loyal pada siapa saja. Tak pandang bulu. Dia akan rela melakukan sesuatu untuk orang lain tanpa pamrih.

theoddyseyonline.com

7. Sahabat yang superbaik!

Ada satu erpisode ketika akhirnya otak Patrick yang penuh sarang laba-laba bisa bekerja sempurna. Semenjak itu, Patrick jadi luar biasa cerdas. Dia adalah seorang yang nampaknya paling beradab di Bikini Bottom. Meskipun kepalanya kerucut.

Tapi dia rela melepaskan kecerdasannya demi bisa kembali berkawan dengan Spongebob. Itu baru satu episode, gimana dengan sikap-sikapnya yang lain di setiap episode yang kalian tonton?

Maka yakinlah, kecerdasan yang kalian miliki sekarang belum tentu membuat kalian bahagia. Cobalah untuk lebih bijak dengan tidak menyepelekan tokoh yang satu ini. Tapi lihat dari sisi sebaliknya. Kalian akan belajar lebih banyak dari Patrick ketimbang Spongebob.

spongebob.wikia.com