Ini Lho Perasaan Ketika Kamu Dikucilkan Orang, Nggak Enak Deh...

Sebenernya, asal kamu bisa melihat peluang lain saat kamu dikucilkan orang, kamu bisa menemukan jati diri kamu yang sebenernya. Kamu adalah Betmen.

Urusan perasaan, cewek atau cowok mah sama aja. Percaya nggak? Itu sebabnya kita sebagai manusia saling membutuhkan satu sama lain.

Meski begitu, tak selamanya pertemanan itu bisa berjalan dengan baik. Di luar dugaan, ada aja hal yang nggak kita harapkan terjadi. Akibatnya bisa parah juga, bisa aja kalian musuhan gara-gara hal sepele. Udah musuhan, pihak yang merasa banyak dapat dukungan punya kemungkinan besar untuk mengucilkan kalian yang tersingkir.

Nah, saat kalian dikucilkan, inilah hal-hal yang kalian rasakan. Tapi, kita kasih juga solusi sederhananya kok.

1. Ngerasa semua orang pada ngomongin kamu

Ketika kamu dikucilkan teman-teman karena perkara sepele, percayalah itu takkan berlangsung lama. Tapi dalam tahap itu, kalian akan merasa bahwa semua teman akan menatapmu dengan penuh curiga. Kamu akan ngerasa bahwa nggak ada lagi teman-temanmu yang percaya sama kamu. Padahal mah nggak semuanya begitu kali.

scarymommy.com

2. Ngerasa ada yang kurang dalam hidup kamu

Kita tau kamu adalah pribadi-pribadi yang elegan dan signifikan. Tapi yakinlah, kamu belom tentu bisa mengatasi segala perasaan yang kamu rasakan persis setelah kamu dikucilkan. Maka, ceritakan masalah-masalahmu. Cari teman lain yang bisa kamu percaya. Soalnya kalo kamu membiarkan perasaan ini berlarut-larut, kamu akan ngerasa selalu kekurangan dalam hidup.

nieuwetijdskind.com

3. Ngerasa jadi "forever alone"

Kita juga tau kalo pas kamu dikucilkan, kamu akan ngerasa selalu dijauhin orang. Tenang aja bro, sist, itulah hidup dan itulah makna dari sebuah proses besar. Kamu boleh aja ngerasa kesepian, tapi bukan berarti nggak ada orang yang peduli sama kamu kan? Si Rangga aja curhatnya sama Pak Diman dan nongkrong di bawah tangga sekolah. Jangan kalah sama Rangga cuy!

flickr

4. Cemas, gundah, resah, gelisah, payah, lemah

Oke, oke, kamu emang lagi ngalamin fase "forever alone". Tapi ayo bangkit. Ngapain kamu berlama-lama ada di posisi terpuruk sih?

Caranya? Serius nanya ini? Ya, kamu tinggal pikirkan dan renungkan sedalam-dalamnya. Tanyakan pada dirimu sendiri, "Apa yang telah saya lakukan sampai semua orang menjauhi saya?" Berhenti mencemaskan hal-hal yang nggak perlu atau berpikiran buruk tentang mereka.

inc.com

5. Pengin lenyap dari muka bumi

Sebenci-bencinya mereka kepada kamu, percaya deh, mereka nggak akan sampe kebangetan buat melenyapkan kamu. Asalkan sejauh ini kalian emang udah temenan lama. Udah kenal satu sama lain selama ini.

Ini emang fase kritis karena kamu nggak mulai membicarakan hal ini pada mereka. Padahal sebaiknya kamu mulai tanyakan pada mereka pula, apa yang sudah kamu perbuat sehingga mereka harus menjauhi kamu? 

Ajak mereka bahas perkara ini baik-baik. Kalo udah mulai nyolot, tahan amarah, yakin deh, pasti ada yang menengahi kalian yang berseteru. Oke. Kalo diskusi berjalan alot, baiklah, kalian akan tau siapa teman kalian sebenarnya. Cukstaw!

bustle.com