9 Manfaat Buah Pepaya Bagi Tubuh Selain Mendatangkan Kesegaran yang Hakiki

Buah pepaya yang biasa kita konsumsi ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Selain minuman dingin dari buah ini yang dapat mendatangkan kesegaran hakiki.

wikipedia.org

Kalian tentu sering menemukan buah dengan nama latin Carica Papaya. Baik di pasar, toko buah, kulkas, maupun meja makan. Buah pepaya termasuk buah domestik yang paling digemari masyarakat Indonesia. Selain manis, daging buahnya yang lembut sangat mudah untuk dikonsumsi.

Pepaya biasanya dibuat minuman dingin ketika cuaca lagi panas-panasnya. Terdapat banyak resep membuat minuman dingin dengan kesegaraan hakiki. Tetapi tak hanya itu, buah pepaya ternyata kaya manfaat bagi tubuhmu.

Alasannya, di dalam buah papaya terkandung vitamin A, folat, tembaga, magnesium, fiber, asam pantotenat, beta karoten, alfa, zeaxanthan, lutein, vitamin K, vitamin C serta lycopene. Lycopene sendiri adalah salah satu antioksidan yang sangat baik untuk tubuh kalian. Dari kesekian banyak kandungan, berikut manfaat buah pepaya untuk tubuh.

1. Menguatkan Sistem Kekebalan

Manfaat pertama buah pepaya untuk tubuh adalah kandungaan vitamin A dan C dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan ini yang nanti akan menghindarkan kamu dari berbagai penyakit seperti flu, demam, batuk dan penyakit ringan lainnya. Manfaat ini bisa didapatkan jika kalian mengkonsumsi buah pepaya secara rutin.

2. Sebagai Anti Peradangan

Jika kerap mendapatkan peradangan, atau sedang mengalami perdangan. Sering-sering lah memakan atau meminum buah pepaya. Ini dikarenakan di dalam buah pepaya tersebut mengandung enzim anti inflamasi. Dengan manfaat ini, tentu sangat baik bagi penderita osteoporosis, arthritis serta edama. Serta sangat baik untuk mencegah kanker.

3. Membantu Diet Penderita Diabetes

Penderita diabetes pasti sangat menjaga pola makan. Salah satunya mereka harus memperbanyak konsumsi serat sekaligus mengurangi kadar gula dalam darah. Penderita diabetes tipe 1 yang rutin melakukan diet tinggi serat memiliki kadar glukosa darah yang lebih rendah. Salah satunya dengan mengkonsumsi buah ini.

wikipedia.org

4. Menguatkan Tulang

Manfaat buah pepaya lainnya yang bisa kalian dapatkan ialah buah ini dapat membantu menyehatkan tulang. Pepaya memiliki kandungan vitamin K yang tinggi yang sangat baik untuk menguatkan tulang. Vitamin K sendiri berperan dalam mengubah protein matriks tulang dan meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh.

5. Melancarkan Pencernaan

Mungkin manfaat yang satu ini sudah jamak diketahui orang-orang. Sering kali kita disarankan makan pepaya ketika perncernaan terhambat. Kandungan serat serta kadar air yang cukup tinggi ternyata sangat baik untuk membantu mengatasi masalah sembelit sehingga menyehatkan sistem pencernaan.

6. Diet Turun Berat Badan

Bagi kalian yang sedang menjalankan program diet, tetapi malas lapar, maka makanlah buah pepaya. Selain kandungan gula buahnya tidak terlalu tinggi. Di dalam buah pepaya juga terdapat enzim yang membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Peningkatan metabolisme dalam tubuh akan membantu pembakaran lemak yang lebih baik dan cepat.

wikipedia.org

7. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Jika kalian memiliki riwayat keluarga yang terkena penyakit jantung, perbanyak juga mengkonsumsi buah pepaya. Di dalam buah pepaya ternyata mengandung enzim yang sangat baik untuk mencegah oksidasi kolesterol sehingga bisa menekan kadar kolesterol dalam darah dan mengurangi resiko penyakit jantung.

8. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Vitamin A yang terkandung dalam buah pepaya dapat merangsang pembentukan sebum. Sebum adalah komponen yang penting untuk menjaga rambut tetap lembut, bersinar, dan lembab. Kandungan nutrisi dalam pepaya juga mencegah kerontokan dan dapat merangsang pertumbuhan rambut.

9. Pencegahan Asma

Manfaat buah pepaya terakhir yang bisa saya rangkum adalah buah ini dapat mencegah penyakit asma. Salah satu nutrisi buah pepaya yang berperan untuk hal ini adalah beta karoten. Nutrisi yang sama yang juga terdapat pada manfaat brokoli, manfaat melon, labu dan manfaat wortel.

Tentunya, tidak hanya ini manfaat buah pepaya yang bisa kalian dapatkan. Mungkin masih banyak sekali manfaat pepaya bagi kesehatan tubuh Anda. Konsumsi buah ini secara rutin sehingga kalian bisa mendapatkan khasiatnya secara optimal.