Akan Ada Robot yang Bisa Membuat Robot Sendiri di Cina, Serem Gengs!

Sebuah perusahaan asal Swiss bernama ABB, telah menginvestasikan uang sebesar 150 juta dolar untuk menaklukkan pasar robotika Cina. Mereka akan membangun pabrik robot yang nantinya akan membuat robot sendiri. Semoga tidak disalah gunakan seperti di film-film ya gengs. Serem!

Kalian pernah nonton film seperti iRobot, Blade Runner, The Matrix, atau yang legendaris Terminator? Di film itu diceritakan robot yang bisa bikin robot sendiri lalu mengasai manusia dan dunia. Serem sih, manusia yang dulunya berkuasa malah dikuasai sama ciptaanya sendiri. 

Nah berita teknologi terbaru mengabarkan bahwa ada perusahaan yang akan membuat skema semacam ini. Yaitu memanfaatkan robot untuk membuat robot. Perusahaan robot asal Swiss bernama ABB telah mengungkapkan bahwa mereka menghabiskan $ 150 juta untuk membangun pabrik robotika canggih di Shanghai, Cina.

Dalam penjelasannya skema robot untuk membangun robot, perusahaan akan mengandalkan robot berlengan YuMi, yang pernah digunakan untuk melakukan orkestra, untuk perakitan suku cadang kecil. 

Robot YuMi mencakup lengan yang fleksibel, sistem feeding, penanda lokasi berbasis kamera dan pengontrol robot yang canggih. Pembuat YuMi mengklaim bahwa robot ini adalah visi masa depan yang dapat mengubah cara pandang manusia terkait otomatisasi perakitan.

Robot di film (imdb.com)

Perusaahan juga berencana untuk menggunakan secara ekstensif dari perangkat lunak SafeMove2 di dalam fasilitas nanti. Melalui perangkat lunak ini memungkinkan model YuMi dan mesin otomatis lainnya akan bekerja dengan aman di dekat karyawan manusia. Katanya sih begitu, semoga saja begitu ya gengs.

Tidak bisa dipungkiri tujuan ABB adalah untuk membuat fasilitas pabrik robotika paling canggih di dunia. Mereka bahkan akan membangun pusat penelitian dan pengembangan untuk mempercepat kerja perusahaan dalam kecerdasan buatan (AI). Selain itu, akan ada perluasan jenis dan varian robot yang dapat dibangun perusahaan untuk bisnis di Cina, seperti produsen mobil dan elektronik. Cina adalah pasar terbesar kedua ABB setelah Amerika Serikat. Perusahaan mengharapkan untuk membuka fasilitas 75.000 kaki persegi pada akhir 2020.

YuMi robot (new.abb.com)