Tips Penyimpanan dan Perawatan Koleksi Makeup

Jangan asal ditumpuk, koleksi makeup juga harus disimpan dengan benar dan dirawat lho!

Beberapa tahun belakangan ini, industri kecantikan makin naik daun. Banyak banget produk makeup bermunculan, dari brand internasional sampai produk buatan lokal. Semua berlomba-lomba menghadirkan produk makeup yang bisa memenuhi kebutuhan para beauty enthusiast.

Pastinya setiap brand makeup punya keunikannya masing-masing, meski ada juga sih yang mirip-mirip. Ya, ujung-ujungnya semua produk yang baru launching ingin dibeli dan jadi koleksi pribadi. Lama-lama, eh nggak sadar kalau koleksimu jadi banyak dan menumpuk, padahal yang dipake sih cuma itu-itu aja.

Nah, kalau kamu termasuk orang yang rajin belanja makeup, coba deh ikutin tips menyimpan dan merawat semua koleksimu biar tetap bersih dan layak pakai.

Perhatikan tempat penyimpanan

Sebaiknya, produk makeup disimpan dalam suhu ruangan dan nggak terkena sinar matahari secara langsung karena khawatir akan mengubah kualitasnya. Kalau emang koleksi makeup kamu lumayan banyak, beli laci atau lemari khusus untuk menyimpan makeup, lalu dipisahkan sesuai kategori, misalnya produk buat wajah, mata, dan bibir biar gampang dicari waktu dibutuhkan.

Untuk produk yang memang sering dipakai, kamu bisa taruh dalam makeup pouch biar nggak kena debu dan jadi kotor. Kalau kamu memilih memajang semua koleksi makeup di atas meja rias atau pakai organizer yang kebuka, risiko berdebu lebih besar dan kamu jadi harus makin rajin membersihkannya biar nggak kotor.

Laci khusus makeup (twinlilies.com)

Jangan lupa bersihkan

Tanpa kamu sadari, menyimpan makeup dalam waktu lama juga bisa bikin kemasannya kotor. Makanya, jadwalkan untuk membersihkan semuanya secara berkala, termasuk tools seperti spons dan brush.

Penting banget buat rutin membersihkan kemasan dan tools makeup karena bisa berisiko memindahkan kuman dari produk-produk kecantikan tersebut. Pastinya kamu nggak mau kan mendadak jerawatan atau masalah kulit lainnya cuma gara-gara lupa dan males bersih-bersih?

Bersihkan koleksi makeup (pamper.my)

Perhatikan tanggal kadaluarsanya

Kalau emang udah expired, nggak usah sayang untuk membuangnya. Toh, percuma juga disimpan kalau nggak dipakai. Ya, kecuali kamu emang penasaran apa sih dampaknya ke kulit kalau pake makeup yang udah kadaluarsa.

Nah, kalau ada makeup yang rusah, misalnya pecah atau jatuh, bisa juga dibersihkan lalu diperbaiki. Banyak kok tutorial cara memperbaiki makeup yang rusak di Youtube, kamu bisa cari solusi yang tepat sesuai dengan permasalahan yang ada. Ini termasuk bedak padat yang pecah tapi masih utuh dalam kemasan, eyeshadow retak, atau lisptik yang patah.

Membuang makeup yang nggak terpakai (theannaedit.com)