Cara Menghilangkan Cegukan dengan Mudah dan Cepat

Cara menghilangkan cegukan dengan cepat bisa kamu aplikasikan dengan mudah. Kadang, cegukan datang tak terduga dan kita hanya menunggu sampai cegukannya selesai. Padahal ada cara-cara yang bisa kamu pakai untuk menghilangkan cegukan dengan cepat.

Cara menghilangkan cegukan yang mudah dan cepat dapat kamu lakukan. Cegukan atau dalam bahasa Inggris "hiccup", merupakan keadaan dimana pita suara menutup tiba-tiba karena terpicu oleh kontraksi diafragma dan menghasilkan bunyi yang aneh, yaitu "hik" secara berulang. 

Diafragma sendiri adalah membran otot pemisah rongga dada dan juga perut, ia memiliki peran penting dalam sistem pernapasan.

Cegukan bisa saja dialami oleh bayi hingga orang lanjut usia. Durasinya pun bermacam-macam, ada yang sebentar, beberapa menit, sampai-sampai ada yang mengalami selama berhari-hari. 

Untuk penyebab cegukan sendiri ada beberapa faktor, yaitu meminum minuman panas atau bersoda, makan makanan pedas, masuk angin, makan terlalu banyak, perubahan suhu ekstrem dan tiba-tiba, makan dengan cepat, minum minuman beralkohol, perut kembung dan merokok atau menghisap asap rokok.

Nah, untuk cara menghilangkan cegukan ada beberapa cara, begini ulasannya.

1. Menghilangkan cegukan dengan jeruk nipis

Cara menghilangkan cegukan yang pertama adalah dengan memaki jeruk nipis. Jeruk nipis merupakan buah yang memiliki manfaat bagi tubuh dan bisa juga dimanfaatkan guna menghilangkan cegukan. Kamu bisa mengaplikasikannya dengan meminum langsung air perasan jeruk nipis. Atau bisa juga dengan membuat jus jeruk nipis.

Jeruk nipis penghilang cegukan (travel.tribunnews.com)

2. Memakai es batu

Selain jeruk nipis, kamu juga bisa memakai es batu untuk meredakan cegukan. Cara menghilangkan cegukan dengan es batu cukup mudah, kamu hanya perlu mengusapkan es batu pada tenggorokan dengan perlahan-lahan. Es batu ini akan membantu saraf menjadi lebih santai.

Mengoleskan es batu ke leher (aladokter.com)

3. Meredakan cegukan dengan menahan napas

Cara menghilangkan cegukan yang paling sering dipakai adalah dengan menahan napas. Menahan napas saat cegukan, dipercaya bisa menjadi cara yang ampuh untuk mengatasi cegukan. Hal ini kerena akan menjadikan kadar karbondioksida dalam tubuh menjadi bertambah.

Menahan napas untuk menghilangkan cegukan (liputan6.com)

4. Minumlah air hangat

Minum air hangat bisa membantumu melancarkan peredaran darah dan oksigen. Hal tersebut membuat oksigen yang dibutuhkan tubuh akan terpenuhi. 

Caranya cukup mudah, minumlah air hangat lalu tahan napas, posisikan tubuhmu membungkuk, lalu kembalikan pada posisi semula dengan tetap menahan napas. Lalu minum lagi air hangat dan bernapas kembali seperti biasa.

Minum air hangat untuk meredakan cegukan (idntimes.com)

5. Menjulurkan lidah

Cara menghilangkan cegukan selanjutnya adalah dengan menjulurkan lidah. Menjulurkan lidah dapat merangsang nasofaring dan saraf vagus. Saraf tersebut memang memengaruhi otot-otot mulut, tenggorokan dan mengatur kontraksi yang terjadi pada diafragma. 

Demikianlah beberapa cara menghilangkan cegukan yang bisa kamu aplikasikan dengan mudah dan cepat. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Menjulurkan lidah untuk meredakan cegukan (batam.tribunnews.com)