Negara Paling Maju di Dunia, Kapan Indonesia Bisa Masuk Daftar Semacam Ini?

Setiap negara memiliki tujuan untuk memajukan bangsanya. Bisa lewat kesejahtaraan, ekonomi, ataupun teknologi. Berikut ini adalah daftar negara paling maju di dunia. Apakah Indonesia masuk di sini gengs?

Tujuan dari sebuah negara tentu saja adalah untuk memajukan bangsanya. Banyak sekali indikator yang menentukan apakah sebuah negara dibilang maju atau masih terbelakang. Tetapi secara garis besar tentu kemajuan suatu negara dihitung dari tingkat kesejahteraan, kemapanan ekonomi, hingga penerapan teknologi.

Dari kesekian banyak negara yang ada di dunia, tentu hanya akan ada sedikit negara teratas yang mampu memenuhi nilai tertinggi dari masing-masing indikator tersebut. Kira-kira negara paling maju di dunia itu mana saja ya gengs? Apakah negara kita Indonesia termasuk di dalamnya?

1. Jepang

Tak diragukan lagi bahwa negara asal bunga sakura ini menjadi negara paling maju di dunia. Selain kekuatan ekonomi yang tinggi. Negara ini juga menerapkan teknologi hampir di setiap sudut kehidupan masyarakatnya. Semuanya ini mampu dicapai Jepang karena tingkat kedisiplinan warga negara yang tinggi.

Negara Jepang (lapinterest.eu)

2. Amerika Serikat

Siapa yang tak kenal negara superpower yang satu ini. Amerika Serikat hingga saat ini masih menjadi negara terkuat di dunia dengan ekonomi dan politiknya. Meskipun ia mulai disaingi oleh beberapa kekuatan baru, bagaimanapun juga dolar Amerika masih menjadi nilai tukar mata uang utama dunia.

Negara Amerika Serikat (finrollnews.com)

3. Inggris

Negara asal ekonomi kapitalisme ini menjadi negara paling maju di dunia dari segi sejarah dan budayanya. Perkembangan dunia tidak akan pernah ada jika James Watt tak menemukan mesin uap, Faraday menemukan generator, hingga Kerajaan Inggris menemukan koloni di berbagai belahan dunia.

Negara Inggris (masonplumlee.com)

4. Cina

Cina menjadi kekuatan baru di dunia yang mampu menandingi kekuatan-kekuatan lama seperti Amerika, Inggris, hingga Jepang. Negara ini pandai memanfaatkan apa yang mungkin negara lain sebagai masalah. Salah satunya adalah jumlah penduduk. Dengan desain ekonomi yang menyeluruh, Cina berhasil menyulap masalah penduduk menjadi satu-satunya kekuatan yang tak tertandingi.

Negara Cina (geographical.co.uk)

5. Singapura

Meskipun Singapura memiliki wilayah yang sangat sempit, posisinya yang berada di jalur perdagangan dunia memberinya keuntungan strategis. Pemerintah yang kuat dalam menerapkan disiplin untuk warga negaranya juga menjadi alasan mengapa Negara Singapura menjadi negara paling maju di dunia.

Negara Singapura (newtimes.az)

6. Jerman

Negara Jerman adalah salah satu kekuatan di Benua Eropa. Kita tahu BMW, Mercedes Benz, Adidas, hingga Bayer asalnya dari negara ini. Walaupun mereka sempat terpuruk setelah Perang Dunia ke Dua, mental bangsa yang kuat berhasil membawa negara ini menjadi negara paling maju di dunia untuk saat ini.

Negara Jerman (pinterest.com)

7. Prancis

Negara asal Napoleon Bonaparte ini sangat unggul dari segi kebudayaannya. Prancis memiliki museum yang sangat terkenal yaitu Louvre yang menyimpan lukisan Mona Lisa karya Leonardo da Vinci. Dan masih banyak lagi karya bersejarah yang menjadi kekayaan dunia di sana.

Negara Prancis (destinasian.co.id)

8. Australia

Mungkin kalian mengenal Australia sebagai asal kanguru dan koala. Tetapi memang benar, Australia memang negara yang berhasil memadukan kehidupan kota modern dengan konservasi alam liar. Mereka sangat menjunjung tinggi kekayaan bangsa mereka yang direpresentasikan oleh keanekaragaman hayati.

Negara Australia (techsposydney.com)

9. Norwegia

Di mana negara yang paling sejahtera penduduknya. Jawabannya adalah Negara Norwegia, dan negara Skandinavia yang lain. Pemerintah negara tersebut mendapat dukungan yang besar dari rakyatnya. Mereka rela membayar pajak yang tinggi dari pendapatan mereka yang akhirnya kembali ke masyarakat sebagai pelayanan publik yang sangat maksimal.

Negara Norwegia (visitnorway.com)

10. Korea Selatan

Jika kalian mendengar istilah Macan Asia, mungkin kalian akan merujuk pada Negara Korea Selatan selain Cina dan Jepang. Tingkat perekonomian yang tinggi Korea Selatan didukung dengan ekspansi pasar yang mengglobal, seperti K-Pop dan drakor mereka. Tak percaya? Pertanyaannya seberapa jarang kalian melihat merek Samsung, LG, atau Hyundai sehari-hari? Tak terhitung kan?

Negara Korea Selatan (pinterest.com)

11. Kanada

Jika Eropa memiliki Norwegia sebagai negara yang mampu menyejahterakan warga negaranya dengan baik, maka Benua Amerika memiliki Kanada. Negara ini memiliki kualitas hidup warga negara yang lebih baik dari pada negara lain di benua tersebut. Begitu sejahteranya, kriminalitas di negara ini hampir jarang ditemukan.

Negara Kanada (tripsavvy.com)

12. Swedia

Negara Swedia terhitung sebelas dua belas dengan Norwegia. Mereka juga mengandalakan pajak tinggi dan kedisiplinan warganya untuk membangun sistem kesejahteraan dan pelayanan publik yang baik. Bedanya Swedia memiliki Zlatan Ibrahimovic dan Fredrik Ljungberg. Oh ya, kedua negara ini moyangnya Viking gengs.

Negara Swedia (bitocto.com)

13. Belanda

Menyebut kemajuan negara ini paling besar di dunia mungkin kalian akan segera menuduhnya sebagai buah penjajahan Indonesia. Tapi kenyataaanya Belanda mampu mengatur wilayah mereka dengan baik. Mereka berhasil memanfaatkan kekurangan sumber daya seperti wilayah dengan membuat dam yang menutup laut. Ya pada dasarnya manajemen mereka baik, alih-alih menggantungkan hasil penjajahan.

Negara Belanda (netherlands-tourism.com)

14. Selandia Baru

Meskipun beberapa waktu lalu Negara Selandia Baru mengalami musibah yang memilukan, negara ini adalah negara paling maju di dunia. Kemajuan ini didapat dari penjaminan kesejahteraan masyarakat hasil disiplin pajak. Dengan itu pemerintah bisa mendatangkan jaminan kesejahteraan untuk pengangguran, anak-anak, dan lansia.

Negara Selandia Baru (harnas.co)

15. Taiwan

Kalau bertanya di mana saja kota-kota yang maju di Asia, maka Taipei ibukota Taiwan tidak boleh terlewatkan. Kota ini sudah lama menjadi pusat bisnis yang modern meskipun terletak di pulau yang kecil. Hampir sebagaian besar perekonomian Asia dijalankan dari dalam gedung-gedung pencakar langit di negara paling maju di dunia ini.

Negara Taiwan (thenational.ae)

Bonus: Indonesia

Memang di dalam daftar tadi kita tidak menyaksikan ada nama Negara Indonesia. Memang negara kita ini masih kalah maju dengang negara-negara yang telah disebutkan tadi. Namun jangan salah, beberapa kemajuan yang terhitung pesat telah diraih Indonesia setelah mengalami krisis moneter di tahun 1998. Salah satunya adalah GDP negara kita yang naik 1000 persen sejak saat itu hingga sekarang. Mungkin banyak lagi kemajuan lain dari negara Indonesia yang mungkin kawan-kawan bisa sebutkan di kolom komentar.

Negara Indonesia (irindo.co.id)