Makna dari Lambang Pancasila, Penting Nih untuk Kalian Ketahui

Makna dari lambang Pancasila apa aja sih? Kalian yang belum tahu harus tahu banget nih. Penting banget soalnya.

Makna dari lambang Pancasila apa aja sih? Kok kayaknya cuma bintang, pohon, rantai, kepala banteng, dan padi-kapas? Iya, keliatannya simpel ya gengs, padahal maknanya tuh dalem banget loh.

Nggak heran deh kalau Pancasila dipertahankan sebagai ideologi negara kita sejak dulu. Makanya, kalau kalian cinta negara kalian, kalian juga harus tahu nih makna dari lambang Pancasila.

Simak kuy, makna dari lambang Pancasila yang terdapat di dada burung Garuda yang juga jadi lambang negara kita.

1. Bintang

Bintang merupakan lambang untuk sila pertama, "Ketuhanan Yang Maha Esa". Bintang emas diartikan sebagai cahaya kerohanian bagi setiap manusia.

Sementara warna hitam di baliknya melambangkan warna alam atau warna asli yang menunjukkan bahwa Tuhan sebagai sumber dari segala sesuatu dan sudah ada sebelum segala sesuatu ada di alam semesta ini.

2. Rantai

Makna dari lambang Pancasila rantai dikhususkan untuk sila kedua, "Kemanusiaan yang Adil dan Beradab". Gambar rantai itu disusun atas gelang-gelang kecil yang menandakan hubungan manusia satu sama lain yang saling bahu membahu. 

Lambang rantai untuk sila kedua ini terdiri dari mata rantai berbentuk segi empat dan lingkaran yang saling terkait membentuk lingkaran yang lebih besar.

Kedua jenis bentuk mata rantai itu ditujukan untuk laki-laki dan perempuan di Indonesia. Itu berarti sesama manusia Indonesia harus saling bantu membantu.

Burung Garuda dan lambang-lambang Pancasila (goodnewsfromindonesia.id)

3. Pohon beringin

Makna dari lambang Pancasila pohon beringin adalah untuk sila ketiga, "Persatuan Indonesia". Kenapa? Sebab, pohon beringin memiliki akar tunggal panjang yang menunjang pohon besar itu tumbuh.

Akar ini tumbuh sampai ke dalam tanah yang menggambarkan kesatuan dan persatuan Indonesia yang mengakar kuat gengs. Akarnya yang menjalar ke mana-mana juga melambangkan negara kita sebagai negara kesatuan yang memiliki latar belakang budaya yang bermacam-macam.

4. Banteng

Kepala banteng dalam lambang Pancasila itu untuk mewakili sila keempat," Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan".

Nah, kepala banteng digunakan karena hewan itu merupakan hewan sosial yang suka berkumpul. Ini serupa dengan halnya musyawarah yang dilakukan manusia-manusia Indonesia yang berdiskusi dan berkumpul.

Pancasila (edukasinesia.com)

5. Padi dan kapas

Padi dan kapas melambangkan sila kelima, "Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia".

Kapas dan padi melambangkan sandang dan pangan yang merupakan kebutuhan pokok seluruh rakyat Indonesia. Kedua bahan sandang dan pangan ini dibutuhkan semua warga Indonesia tanpa melihat status atau kedudukan.

Nah, itulah makna dari lambang Pancasila yang harus kalian pahami baik-baik. Semoga kalian bisa menanamkan jiwa-jiwa Pancasila juga ya gengs.

Patung Burung Garuda di MPR/DPR RI (securityscholar.org)