Big Hit Entertainment Sukses Besar Berkat BTS

Boyband BTS berhasil membuat label yang menaunginya sukses besar tahun 2018 yang lalu. Lantas berapa saja nilai kesuksesan yang mereka capai gengs?

Agensi yang menaungi boyband BTS yakni Big Hit Entertainment tengah mendulang kesuksesan besar tahun 2018 lalu. Kesuksesan ini bahkan bisa dikategorikan bersejarah sepanjang sepak terjang mereka di dunia musik Korea. 

Selasa (19/3/2019) Big Hit Entertainment merilis laporan audit keuangan secara resmi berapa keuntungan yang mereka dapatkan. Keuntungan tersebut tersebar ke dalam berbagai sektor bisnis mereka. Mulai dari album musik hingga merchandise yang meningkat signifikan dari tahun sebelumnya.

Merujuk data dari Soompi, total pendapatan Big Hit Entertainment di tahun 2018 mencapai KRW 214,2 miliar (Rp2,7 triliun) dengan kenaikan sebesar 132 persen, laba operasional KRW 64,1 miliar (Rp810 miliar) yang meningkat 97 persen, terakhir laba bersih mereka mencapai 105 persen dengan peraihan KRW50, 2 miliar (Rp626 miliar).

Ketenaran Bangtan Boys atau BTS tentu menjadi faktor utama dalam kesuksesan Big Hit Entertainment. Penampilan serta lagu mereka sukses manarik orang untuk menjadi fans atau sekedar mengapresiasi karya dengan membeli rilisan karya.

Gaon Chart mencatat jika album BTS "Love Yourself: Tear" dan "Love Yourself: Answer" di tahun 2018 terjual sekitar 4,05 juta dan 5,15 juta kopi.

Selain itu aksi panggung pelantun tembang Anpanman juga tak kalah laris manis saat menggelar tur dunia sejak Agustus 2018. Setidaknya RM cs ini telah menjual tiket sebanyak 810.000 eksemplar dalam konser bertajuk "Love Yourself". Tentu jumlah ini akan membengkak nilainya jika dikalikan dengan harga tiketnya gengs. Yang paling murah saja bisa 1 juta rupiah. Wow!

Salah satu sumber dari perwakilan Big Hit Entertainment menyampaikan bahwa pihak label akan terus melakukan inovasi di industri musik agar kesuksesan di masa yang akan datang tetap bisa diraih. 

“Kegiatan BTS telah memecahkan rekor dalam aspek bisnis sejak tahun 2017 lalu. Untuk terus berinovasi di industri musik, kami terus mengejar perubahan dan peningkatan yang lebih baik di agensi kami,” ujar perwakilan Big Hit Entertainment.

BTS (allkpop.com)

Peningkatan yang direncanakan oleh agensi Big Hit Entertainment tampaknya akan segera hadir. Dan nampaknya akan menyumbangkan kesuksesan yang lain. Pasalnya saat BTS mengumumkan comeback 12 April 2019 lewat album Map Of The Soul : Persona, pre-order pemesanan album mereka juga laris manis.

Selama kurun waktu satu minggu, telah ada 2.685.030 penggemar BTS yang disapa ARMY memburu album terbaru BTS. Raihan tersebut menjadikan BTS menduduki posisi 1 di daftar Penjual Terbaik CD & Vinyl Amazon.

Jumlah pemesan ini untuk album Map Of The Soul : Persona meningkat dari sebelumnya, Love Yourself: Answer yang menghasilkan 1.511.910 pemesan saat pre-order.

Bangtan Boys (elitedaily.com)