Kekuatan Militer Suriah dan Fakta-Fakta Mengejutkan Lainnya

Kekuatan militer Suriah dikabarkan telah membuat negara lain ketakutan. Apa aja sih fakta-fakta tentang kekuatan militer Suriah? Berikut informasinya ....

Kekuatan militer Suriah dipercaya tengah menjadi kekuatan terkuat saat ini. Pasalnya Suriah telah memiliki sejumlah personel yang sangat banyak. Bukan hanya itu, perlengkapan militer pun sudah lengkap.

Berawal dari awal-awal tahun konflik, saat militer Suriah dihantam oleh pembelotan pada tahun 2011. Lalu, di tahun 2015 Assad menyadari dan mengakui bahwa mereka tengah mengalami defisit tenaga manusia. Dengan sedikitnya pasukan maka akan mengalami kekalahan dalam pertarungan.

Negara dengan personel besar dan terlatih

Negara dengan luas 180 km persegi ini dijaga oleh 180 ribu personel. Hal ini tentu sangat mengejutkan. Jumlah itu telah mengalahkan negara sekelas Kanada dan Inggris.

Fakta ini membuat negara adidaya tak mau mengambil risiko. Kecuali dalam keadaan mendesak saja.

Personel militer (salam-online.com)

Kekuatan darat Suriah

Selain memiliki personel militer yang banyak, Suriah juga mengimbangi dengan banyaknya kendaraan tempur. Suriah menempati peringkat ke-6 jumlah tank paling banyak, yaitu 4.500 tank. 

Kekuatan militer Suriah di darat yang telah tertata dengan apik menjadikan mimpi buruk bagi siapapun yang akan berperang dengan Suriah.

Kekuatan darat Suriah sebuah mimpi buruk bagi lawan (hidayatullah.com)

Kekuatan Laut Suriah

Kekuatan militer Suriah hampir menjangkau semuanya, baik darat maupun laut. Mereka mempunyai 56 kapal laut serta beberapa kendaraan tempur di laut. Bahkan, dengan kekuatan itu, mereka telah menandingi Arab Saudi dan Australia.

Kekuatan laut yang sudah lumayan (antaranews.lampung.com)

Kekuatan udara Suriah

Kekuatan militer Suriah dalam ranah udara juga sangat kuat, telah tercatat ada sekitar  461 unit udara, yang terdiri atas 168 helikopter, 165 jet tempur, dan masih banyak kendaraan tempur lainnya.

Namun, dibalik kekuatan militer Suriah yang profesional, produksi dan pasokan bahan bakar kurang memadai. Padahal Suriah termasuk kawasan timur tengah, tapi Suriah hanya mampu menghasilkan 22 ribu barel per hari.

Padahal untuk penggunaan bahan bakar dan minyak per hari, Suriah menghabiskan sekitar 260 barel. Ini membuat makin terpuruknya keuangan Suriah.

Demikianlah kekuatan militer Suriah berikut fakta-faktanya gengs. Gak main-main bukan? Negara sekelas Amerika sudah mulai berhati-hati dengan kekuatan militer Suriah.

Terlepas dari fakta-fakta tersebut, ada fakta lain yaitu tentang konflik yang terus bergulir di Suriah. Mari sama-sama berdoa biar konflik di Suriah segera selesai dan tak ada lagi perang saudara yang melenyapkan banyak korban jiwa. Amin...

Kekuatan udara Suriah (arrahmahnews.com)