Hidangan Sup dari Berbagai Negara yang Cocok Banget Dimakan Pas Musim Hujan

Ini dia hidangan sup dari berbagai negara. Cocok banget nih disantap pas musim hujan begini gengs.

Saat ini, Indonesia sedang mengalami musim hujan gengs. Saat dan setelah hujan, suhu udara turun dan hawa jadi dingin. Nah, situasi ini nih yang paling cocok untuk menikmati makanan yang anget-anget gitu.

Sebelumnya udah diungkap ada kaitan yang kuat antara cuaca dingin dan tiba-tiba jadi lapar. Makanya kita perlu berhati-hati memilih makanan yang dimakan pas musim hujan gini.

Makan mi instan rebus atau bakso cocok banget. Tapi ternyata, buat kalian yang gak mau berat badannya naik, makanan itu gak disarankan gengs. Sebaiknya jangan. Terus apa dong?

Coba deh beberapa sup dari berbagai negara berikut ini. Rasanya unik-unik, dan keliatannya bikinnya gak susah-susah amat deh. Dikutip dari IDNTimes, simak kuy hidangan sup dari berbagai negara yang cocok banget disantap pas musim hujan.

1. Bouillabaisse, Prancis

Ini dia nih hidangan sup dari Prancis. Sup ini pas banget dimakan pas musim hujan, tapi jangan dimakan sambil hujan-hujanan lah.

Sup ini khas banget dengan isi ikan dan berbagai makanan laut lainnya. Ada kerang, udang, pake seledri, tomat, dan kentang. Semua bahan-bahan itu direbus jadi satu dalam kaldu yang telah dididihkan.

Sup ini juga makin komplit dengan saus rouille. Saus itu terbuat dari campuran minyak zaitun, bawang putih, dan beberapa bumbu lainnya. Panas-panas dimakan pas lagu hujan gitu ... waduh, surgavvi gengs!

Bouillabaisse, sup dari Prancis (monngon.tv)

2. Miso, Jepang

Orang-orang Jepang tuh biasanya menyantap sup miso. Bahan dasarnya adalah dashi alias kaldu yang dicampur dengan sayuran dan beberapa makanan laut. Tambahin tahu jepag juga yang alus gitu tuh. Beughhh ... gak ada lawannya deh enaknya.

Kalo di Jepang, sup miso ini bisa dimakan juga dengan nasi. Lucu gak tuh makan sup miso pas lagi hujan atau cuaca lagi dingin?

Miso, sup dari Jepang (justionecookbook.com)

3. Tom Yam, Thailand

Kalo dari Negeri Gajah Putih, musim hujan gini cocok banget makan tom yam. Makanan ini populer banget kok di Indonesia. Restoran Thailand yang menyediakan menu ini juga udah banyak banget.

Sup ini cenderung asam dan pedas. Cocok banget dimakan dengan nasi putih karena sup ini dimasak dengan beberapa makanan laut seperti ikan, cumi-cumi, dan udang. Kuy lah!

Tom yam, sup seger dari Thailand (insydo.com)

4. Peanut Stew, Afrika

Nah, ini dia nih hidangan sup asal benua Afrika yang harus banget kalian coba maakn pas musim hujan begini. Sup asal Afrika ini kental dan gurih. Yang paling penting, ada kacang tanahnya.

Sup ini punya campuran yang unik gengs. Peanut stew menggunakan ubi dan ayam juga. Kalian perlu coba nih sup enak yang satu ini. Ya, meski di Afrika sana hujan tuh cenderung jarang ya.

Peanut Stew, dari Afrika nih gengs~ (cbc.ca)

5. Budae Jjigae, Korea Selatan

Buat kalian yang menggemari budaya Korea, kalian tau budae jjigae gak? Ini adalah salah satu jenis makanan yang cukup populer di Korea sana.

Sup ini memiliki isian seperti ham atau sosis yang dipotong-potong. Bahan-bahan lainnya adalah kimchi, tofu, jamur shitake, ramyun, ttokbokki, daun bawang, bawang bombay, dan lain-lain.

Rasanya agak pedes, tapi hangat di badan karena kuah gochujang, yang khas banget dari Korea. Nikmatin sup ini pas musim hujan tuh gak bakal berasa lagi di Korea sih gengs. Pokoknya anget di badan deh, hehehe.

Nah, kalo budae jjigae mah dari Korsel gengs (maangchi.com)

6. Creamy Carrot Soup, Inggris

Kalo yang ini adalah hidangan yang cukup populer juga dari Inggris. Namanya creamy yang udah pasti kental lah ya gitu. Ada carrot-nya berarti pake wortel juga.

Sup ini juga pake campuran bumbu-bumbu lain mulai dari kaldu, kayu manis, kerang, dan krim biar kental. Cocok banget gengs sup ini dimakan pas lagi hujan gitu. Gak bohong deh, cobain dulu, sehat soalnya.

Creamy carrot soup dari Inggris, oke banget nih (yoffielife.com)

7. Sop Kaki Kambing

Nah, kalo masakan Indonesia tuh rata-rata berkuah gengs. Saking banyaknya makanan berkuah, kayaknya kita pilih sop kaki kambing aja deh ya. Ya, soalnya makanan ini ada di mana-mana, kita juga gak asing lagi kan sama makanan ini? Bener?

Sop kaki kambing tuh terbuah dari campuran rempah-rempah, daun bawang, santan, dan kaki kambing tentunya. Sup ini juga bisa dibikin pake susu kok ketimbang santan, biar sehat aja gitu.

Kita juga bisa tambahin potongan jeroan dan tomat gengs. Biar tambah seger, tambahin peresan jeruk nipis juga ya. Nasi panas juga. Duh, lapar nih. Kuy lah ....

Wah, kalo ini gak bakal bohong deh enaknya. Cobain aja! (bisniswisata.co.id)