Begini Nih Cara Melakukan Pemanasan yang Benar, Supaya Terhindar dari Cidera

Pemanasan merupakan elemen yang paling penting sebelum melakukan latihan olahraga. Beriku ini cara melakukan pemanasan yang benar, supaya tidak terkena cidera gengs.

Mungkin banyak dari kalian yang menyepelekan akan pentingnya pemanasan sebelum melakukan latihan olahraga bukan? Kalo iya, sebaiknya jangan deh gengs.

Pasalnya jika kalian tidak melakukan pemanasan terlebih dulu saat melakukan latihan olahraga, bukan tidak mungkin otot-otot kalian akan kaget dan rentan terkena cidera. Hmmm... bahaya bukan?

Olahraga ya... pemanasan. Sebab, pemanasan merupakan elemen yang sangat penting dalam membangun latihan olahraga yang efektif.

Meskipun demikian, kalian juga tidak boleh melakukan pemanasan asal-asalan gengs, nantinya juga akan sama saja jika kalian melakukan pemanasan asal-asalan.

Berikut cara melakukan pemanasan yang benar dan ideal, supaya latihan olahraga kalian efektif:

1. Lakukan peregangan dinamis

Sebaiknya tidak melakukan peregangan statis, sebab akan menghambat aliran darah kalian. Lakukan peregangan dimanis, yang dapat membuat kalian aktif saat melakukan berbagai gerakan. 

Pemanasan (idntimes.com)

2. Latihan rutin

Tak hanya olahraga saja yang rutin, melakukan pemanasan juga perlu latihan rutin lho gengs. Jadi, mulailah menyusun tahapan pemanasan agar pola latihan kalian lebih terstruktur yakk.

Lakukan beberapa teknik pemanasan seperti, joging, jongkok hingga push up.

3. Pacu kinerja jantung

Peningkatkan kinerja jantung ini juga dapat menghangatkan otot-otot dan sistem saraf kalian.

Untuk memperoleh tersebut, kalian bisa mendapatkannya dengan melakukan joging, jalan keliling lapangan hingga bersepeda. Oh iya gengs, kalian juga bisa mengajak teman atau pasangan untuk turut serta agar terjalin komunikasi yang menarik saat melakukan ini.

Pemanasan jongkok (sukalive.com)

4. Lemaskan otot-otot tubuh

Sebelum olahraga, sebaiknya lakukanlah beberapa gerakan sederhana. Mungkin bisa kalian mulai dengan memutar punggung kalian dan menggerakannya ke kanan dan ke kiri.

Lalu lakukan gerakan tambahan dengan menekan tumit dan berjinjit, lakukan secara bergantian. Kalian juga bisa menambahi satu gerakan lagi dengan menggoyangkan pinggul kalian.

Itulah beberapa tips melakukan pemanasan yang benar gengs. Semoga bermanfaat yakk.

Pemanasan memutar punggung (idntimes.com)